Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Disuntik Vaksin, Hidayat Nur Wahid Ingatkan Efikasi Sinovac di Brasil

Politisi PKS Hidayat Nur Wahid justru mengingatkan hasil uji kemanjuran atau efikasi vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang dipilih oleh pemerintah.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  15:37 WIB
Hidayat Nur Wahid-JIBI - Samdysara Saragih
Hidayat Nur Wahid-JIBI - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI sekaligus politisi PKS Hidayat Nur Wahid mengomentari soal vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu diungkapkan Hidayat melalui akun Twitter resmi miliknya @hnurwahid. Meski demikian, dia justru mengingatkan hasil uji kemanjuran atau efikasi vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang dipilih oleh pemerintah.

"Akhirnya Presiden @jokowi setuju jadi orang pertama di NKRI yg divaksin covid-19. MUI&BPOM sudah keluarkan “izin”nya. Tapi justru Brazil umumkan efikasi sinovac turun jadi 50,4%. Semoga yg di Indonesia tidak merosot efikasinya, unt sehat&selamatnya Bangsa Indonesia dari covid-19," tulis akun Twitter @hnurwahid seperti dikutip, Rabu (13/1/2019).

HNW, sapaan akrabnya, juga mengunggah tangkapan layar (screen capture) dari beberapa portal berita online yang menuliskan soal tingkat efikasi vaksin Covid-19 buatan Sinovac di Brasil.

Pejabat Brasil mengatakan tingkat kemanjuran vaksin CoronaVac yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Sinovac Biotech Ltd China hanya 50,38 persen dalam mencegah kasus infeksi Virus Corona.

Angka tersebut sebenarnya telah memenuhi ambang batas yang disyaratkan oleh regulator global untuk persetujuan, tetapi jauh di bawah angka 78 persen yang diumumkan minggu lalu.

Angka 78 persen dihitung dengan mempertimbangkan kasus ringan, sedang dan berat, kata para pejabat itu seperti dikutip Bloomberg.com, Rabu (13/1/2021). Ketika kasus yang sangat ringan di antara 13.000 sukarelawan dimasukkan, angkanya adalah 50,4 persen.

Cuitan Hidayat Nur Wahid tersebut langsung mendapat respons dari warganet atau netizen di Twitter. Warganet justru mempertanyakan mengapa HNW seakan menyindir langkah pemerintah dan Jokowi yang memulai program vaksinasi Covid-19.

"Anda adalah pimpinan MPR, seharusnya, atas inisiatif sendiri, bersedia divaksin pertama juga. Tetapi kalau tidak bersedia, paling kurang jangan menyampaikan pernyataan bersayap, ketika para pemimpin lain sedang divaksin," tulis akun Twitter @HarjoHendrico.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi hidayat nur wahid Vaksin Covid-19
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top