Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang Temukan Varian Baru Virus Covid-19

Sebuah varian baru dari virus Covid-19 ditemukan di Jepang, yang dibawa oleh orang yang baru saja datang dari Brasil.
Sel virus corona
Sel virus corona

Bisnis.com, JAKARTA - National Institute of Infectious Diseases (NIID) di Jepang melaporkan telah menemukan jenis baru virus Covid-19 pada empat orang yang datang dari Brasil.

Seperti dilansir dari Bloomberg, varian baru virus tersebut memiliki kemiripan dengan strain yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan. Fakta itu disampaikan oleh NIID dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Minggu, Minggu (10/1/2020.

Dalam laporannya, informasi tentang varian baru terbatas pada susunan genetiknya, dan sulit untuk segera menentukan seberapa menular strain itu. Selain itu belum diketahui juga keefektifan vaksin saat ini terhadap varian virus tersebut.

Sementara itu, melalui pernyataan resminya, Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan empat penumpang tiba di Bandara Haneda Jepang dari Brasil pada 2 Januari 2020.

Kedua orang tersebut kemudian didiagnosis terpapar oleh varian baru virus Covid-9. Seorang pria berusia 40-an, yang tidak menunjukkan gejala saat tiba, dirawat di rumah sakit karena sistem pernapasannya memburuk.

Surat kabar Yomiuri Shimbun melaporkan NIID telah memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang virus jenis baru tersebut. WHO disebutkan sedang menyelidiki apakah varian tersebut menyebabkan kasus yang lebih parah.

Sebelumnya para peneliti di Jepang mengembangkan metode yang memungkinkan deteksi cepat varian virus corona yang menyebar pesat di Inggris dan Afrika Selatan.

Saat ini dibutuhkan peralatan khusus untuk membaca kode genetika virus tersebut. Proses ini menghabiskan waktu lebih dari setengah hari.

Melansir NHK pada Jumat (8/1/2020), para ilmuwan di Institut Nasional Penyakit Menular mengembangkan metode yang lebih cepat menggunakan teknologi tes PCR yang akan memungkinkan mereka mengonfirmasi mutasi N501Y

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper