Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Luncurkan Investigasi Antitrust ke Alibaba

China telah meluncurkan penyelidikan antitrust ke Alibaba (BABA) untuk meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan internet yang berkembang pesat di negara tersebut.
Alibaba.com/Reuters
Alibaba.com/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - China telah meluncurkan penyelidikan antitrust ke Alibaba (BABA) untuk meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan internet yang berkembang pesat di negara tersebut.

Melansir CNN International Sabtu (26/12/2020), administrasi Negara untuk Peraturan Pasar, regulator pasar utama China, mengatakan bahwa mereka akan menyelidiki dugaan perilaku monopoli oleh Alibaba, raksasa belanja online dan komputasi awan Jack Ma.

Secara terpisah, People's Bank of China mengumumkan bahwa empat regulator keuangan negara akan memanggil Ant Group, afiliasi keuangan Alibaba. Pertemuan tersebut akan "memandu Ant Group" untuk menerapkan pengawasan keuangan dan mengatur layanannya.

Pengamatan intens datang hanya beberapa minggu setelah pejabat China memaksa Ma untuk membatalkan penawaran umum perdana Ant Group yang direncanakan pada menit terakhir. Itu akan menjadi daftar pasar saham terbesar di dunia.

Saham Alibaba merosot di Hong Kong, ditutup turun 8 persen dalam sesi perdagangan yang dipersingkat pada hari Kamis. Sahamnya sekarang telah anjlok 26 persen, sejak puncaknya di akhir Oktober, terjadi tak lama sebelum IPO Grup Ant ditarik.

Alibaba, yang didirikan pada 1999, dengan cepat berubah menjadi kerajaan teknologi luas yang menyentuh setiap aspek kehidupan China. Platform e-commerce-nya memiliki ratusan juta pengguna dan mendominasi sektor ritel online China.

Ant Group juga merupakan platform pembayaran online terbesar di negara itu, menawarkan segalanya mulai dari akun investasi dan produk tabungan mikro hingga asuransi, skor kredit, dan bahkan profil kencan.

Beberapa hari setelah IPO Grup Ant ditarik pada awal November menyusul kritik publik oleh Ma terhadap regulator China, SAMR mengungkapkan pedoman baru dimaksudkan untuk mencegah monopoli internet. Langkah itu membuat takut investor dan segera menghapus ratusan miliar dolar dari saham teknologi China.

Pada hari Rabu, SAMR memanggil enam raksasa internet - Alibaba, Tencent (TCEHY), JD.com (JD), Meituan, Pinduoduo (PDD) dan Didi Chuxing , memberi tahu mereka untuk meningkatkan regulasi praktik bisnis yang memungkinkan sekelompok orang dalam komunitas yang sama untuk membeli barang curah dengan harga yang sangat rendah.

Model pembelian berkelompok semakin populer di China dalam beberapa tahun terakhir, terutama selama pandemi virus karena orang semakin bergantung pada belanja online untuk barang atau jasa.

Alibaba mengatakan bahwa pihaknya telah menerima pemberitahuan dari regulator bahwa penyelidikan "anti-monopoli" telah dimulai. "Alibaba akan secara aktif bekerja sama dengan regulator dalam penyelidikan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Ant Group juga mengatakan akan mempelajari dengan serius dan secara ketat mematuhi semua persyaratan regulasi.Perdagangan saham teknologi China lainnya di Hong Kong juga berada di bawah tekanan. Tencent (TCEHY), JD.com (JD) dan Meituan semuanya turun lebih dari 2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper