Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berikut Negara-Negara Yang Telah Mengidentifikasi Supercovid

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, strain baru virus Corona itu 70 persen lebih menular dibandingkan virus aslinya.
Sel virus Corona/Istimewa
Sel virus Corona/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Dunia telah mengonfirmasi ada dua varian baru dari virus Corona. Mutasi virus tersebut telah mendarat di beberapa negara.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, strain baru virus Corona itu 70 persen lebih menular dibandingkan virus aslinya. Sejauh ini, lebih dari 1.000 kasus yang disebabkan oleh varian baru Covid-19 telah teridentifikasi.

Strain tersebut diberi nama VUI-202012/01 dan masih diteliti oleh sejumlah ahli di negara tersebut.

Bisnis merangkum negara mana saja yang sudah melaporkan adanya varian baru virus Corona tersebut:

1. Singapura

Kementerian Kesehatan Singapura mengkonfirmasi 21 kasus Covid-19 baru pada Rabu (23/12). Satu di antaranya merupakan kasus virus Corona Inggris. Pasien pertama mutasi virus tersebut adalah pelajar Singapura berusia 17 tahun yang pulang dari Inggris. Pasien yang tak disebutkan identitasnya ini tiba di Singapura pada 6 Desember dan melakukan karantina selama dua minggu sesuai protokol.

2. Denmark

Pada awal pekan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi varian baru virus Corona yang teridentifikasi di Inggris juga telah ditemukan di beberapa negara lainnya. Dia mengatakan, sembilan kasus positif ditemukan di Denmark.

3. Irlandia Utara

Negara ini telah mengkonfirmasi adanya varian baru virus corona kemarin, Rabu (23/12/2020). Departemen Kesehatan, Irlandia Utara dalam sebuah pernyataan mengatakan, varian baru Covid-19 itu kemungkinan besar telah ada di Irlandia Utara dalam jangka waktu tertentu.

4. Israel

Israel menemukan empat kasus varian baru Covid-19, Rabu (23/12/2020). Tiga kasus di antaranya baru kembali dari Inggris dan sedang menjalani isolasi di sebuah hotel rujukan pasien Covid-19, sedangkan kasus keempat masih dalam tahap penelusuran.

5. Belanda

Beberapa kasus yang disebabkan oleh varian baru Corona juga telah ditemukan di Belanda sejak Minggu (20/12/2020). Pemerintah Belanda telah mengambil sampel kasus virus corona pada awal bulan ini, dan menemukan bukti varian baru.

6. Australia

Dua kasus varian baru virus corona di Australia, terdeteksi pada dua penumpang yang mendarat di New South Wales setelah terbang dari Inggris.

7. Afrika Selatan

Negara telah mengumumkan bahwa varian baru dari virus Corona telah membuat gelombang penularan yang lebih mengerikan. Namun para ahli di negara ini belum yakin mutasi yang ditemukan serupa dengan yang ditemukan di Inggris.

8. Italia

Kementerian Kesehatan Italia melaporkan telah mengidentifikasi sepasang pasien yang terinfeksi virus corona dengan strain yang sama seperti yang telah bermutasi di Inggris pada awal pekan ini. Pasangan tersebut kembali ke Italia setelah melakukan perjalanan dari Inggris.

9. Gibraltar

Wilayah terluar negeri Inggris di Gibraltar, juga telah mengidentifikasi setidaknya satu kasus yang terkait dengan varian baru virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper