Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Budi Gunadi Sadikin Langsung 'Tancap Gas' Usai Dilantik Jadi Menkes

Budi Gunadi Sadikin langsung memimpin Rakorpim dengan pejabat eselon I dan II di Kemenkes usai dilantik menjadi Menteri Kesehatan oleh Presiden Jokowi.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  08:36 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat memimpin Rakorpim di Kementerian Kesehatan, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat memimpin Rakorpim di Kementerian Kesehatan, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA - Usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakilnya Dante Saksono Harbuwono langsung memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan pada Rabu (23/12/2020).

Membuka rapat, BGS menuturkan sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi, maka tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Target jangka pendek, untuk segera dilakukan vaksinasi Covid-19,” kata Budi dalam keterangannya di laman resmi Kemenkes, Kamis (24/12/2020).

Kendati dilakukan dalam waktu dekat, Menkes menekankan bahwa rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatiaan serta persiapan matang.

Menurutnya, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama dalam pelaksanaan vaksinasi, diantaranya adalah ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi.

“Saya ingin memastikan semua alatnya siap,” ujar Menkes.

Untuk menyamakan pemahaman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, dia mendorong agar jajaran di pusat menjalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah.

Untuk itu, dalam waktu dekat, pihaknya bersama Wamen siap untuk membahas lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, asosiasi Puskesmas, asosiasi RS Swasta maupun klinik.

“Mungkin besok akan ada rapat dengan semua Asosiasi Puskesmas dan RS, saya ingin mengecek apakah pemahaman kita sama, dan sejauh mana kesiapan mereka melaksanakan vaksinasi Covid-19,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin kemenkes menkes vaksinasi Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top