Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Membuat Kartu Ucapan Natal

Satu tradisi merayakan Natal adalah dengan mengirimkan kartu ucapan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  19:48 WIB
Umat Katolik melaksanakan misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Selasa (25/12/2018). - ANTARA/Aprillio Akbar
Umat Katolik melaksanakan misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Selasa (25/12/2018). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA -- Natal tahun ini sudah sangat dekat. Satu tradisi merayakan Natal adalah dengan mengirimkan kartu ucapan.

Saat ini kartu natal tidak terbatas pada bentuk fisik saja. bertukar kartu dalam platform digital sudah menjadi hal lumrah.

Kartu natal digital pun memiliki sejumlah keunggulan, seperti ekslusif dan juga dapat didesain sesuai karakter masing-masing pengirim. Pun membuat kartu natal digital kini tidak perlu repot, karena sejumlah aplikasi di smartphone mampu melakukannya.

Berikut adalah sejumlah aplikasi untuk membuat kartu ucapan Natal:

1.     Canva

Aplikasi ini paling favorit bagi pengguna smartphone di dunia. Hal ini lantaran banyaknya pilihan contoh atau template desain kartu ucapan yang menarik.
Jadi, pengguna tak perlu repot men-desain dari nol. Tapi, jika memiliki desain sendiri, pengguna juga bisa membuatnya dari awal, dibantu dengan tools yang sangat membantu.
 
2.     Fotor Photo Editor

Layanan aplikasi desain kartu ucapan Fotor hampir sama fiturnya dengan Canva. Pun tampilan kedua aplikasi ini hampir serupa.
 
3.     Photoshop

Photoshop telah lama menjadi andalan untuk urusan editing maupun desain. Selain pada PC atau laptop, Photoshop juga telah hadir di smartphone. Walaupun tampilannya jauh lebih sederhana, tapi fiturifutr Photoshop pada smartphone sudah lebih dari cukup untuk membuat kartu natal sederhana.
 
4.     JustWink

Aplikasi ini terbilang memiliki segudang fitur untuk membuat kartu ucapan. Selain terdapat banyak pilihan template, pengguna juga bisa memasukkan unsur lain seperti foto, sampul, hingga tanda tangan sendiri.
 
5.     Slidely

Berbeda dari empat aplikasi sebelumnya, Slidely menyediakan fitur foto dan video untuk penggunanya. Oleh karena itu, membuat kartu ucapan Natal dengan aplikasi ini membutuhkan kretivitas dan usaha lebih.

Kartu Natal Pangeran Charles. - Istimewa

Setelah membuat desain kartu natal, berikut beberapa tips untuk menulis ucapan Natal:
 
1.     Awali dengan ucapan selamat Natal

Selalu awali kartu dengan ucapan selamat Natal sebagai sapaan. Letakkan pada awal kata, misalnya “Merry Christmas!” atau “Selamat Natal”. Atau Bbisa juga “Selamat berlibur”, “Happy Holidays”.
 
2.     Pesan pribadi

Selanjutnya, Anda bisa menuliskan pesan pribadi kepada penerima. Apabila sangat dekat dan akrab, tulis pesan yang sangat personal dan mungkin dapat membubuhkan memori persahabatan Anda.
 
3.     Menulis kutipan religius

Pada kartu bisa pula Anda tambahkan kutipan relihius atau potongan ayat dalam kitab suci. Pilihlah yang berisi pesan kebahagiaan, dan sesuaikan dengan kepribadian penerimanya.
 
4.     Ucapkan selamat tahun baru

Tahun baru tidak jauh dari perayaan natal. Ada baiknya ucapan menyambut tahun baru juga diselipkan dalam kartu natal Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Natal dan Tahun Baru
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top