Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ditunjuk Jadi Menparekraf, Ini Arahan Jokowi Untuk Sandiaga Uno

Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Sandiaga di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, pariwisata menjadi salah satu sektor yang tertekan cukup dalam.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  21:29 WIB
Sandiaga Uno dan Prabowo
Sandiaga Uno dan Prabowo

Bisnis.com, JAKARTA – Sandiaga Salahudin Uno baru saja dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusbandio.

Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Sandiaga di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, pariwisata menjadi salah satu sektor yang tertekan cukup dalam.

Sandi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan agar dalam satu tahun ke depan dirinya dapat bekerja keras memastikan agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang banyak menyerap tenaga kerja ini dapat bangkit kembali.

Untuk itulah, Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan kepada Sandi. Pertama, Presiden meminta agar infrastruktur lima destinasi super prioritas yang sudah ditunjuk oleh pemerintah dapat segera dipercepat, termasuk mempersiapkan dari segi aspek seni, budaya, kostum, hingga pernak-pernik . Kelimanya yakni Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Kedua, Presiden mengingatkan Sandi untuk mempersiapkan kalender kegiatan atau calender of event pada setiap destinasi terutama di destinasi lima super prioritas.

“Perlu mempersiapkan event-event yang berkaitan untuk menarik para wisatan, terutama di saat Covid-19 ini sehingga bisa mempertahankan lapangan kerja dan aktifivas ekonomi di sektor wisata dan ekon kreatif,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Selasa (22/12/2020).

Kalender kegiatan tersebut terbagi atas kegiatan berskala kecil untuk mingguan dan bulanan serta acara besar tahunan untuk skala dunia. “Event skala dunia ini yang diharapkan dapat menjadi big bang,” ujarnya.

Selain mendapatkan arahan dari Presiden Jokowi, Sandi juga diberi mendapatkan arahan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin agar selalu memastikan aspek kesehatan dan keselamatan pada setiap destinasi pariwisata, terutama dalam menghadapi Covid-19 sehingga para wisatawan merasa aman dan nyaman.

“Program-program seperti CHSE (Cleanliness,Hygiene, Sanitation, and Environment) dilanjutkan secara komprehensif dan strategis," jelasnya.

Di samping itu, Wapres juga menginginkan agar ekonomi kreatif menjadi lokomotif dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Terutama untuk sektor-sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan ekonomi kerakyatan seperti kuliner, fesyen, dan kriya.

Selain itu, Wapres juga menambahkan agar destinasi-destinasi wisata halal dan destinasi wisata religi juga menjadi perhatian untuk menggairahkan sektor wisata, yang diharapkan bukan hanya bertahan tapi menangkap peluang menjadi pemenang.
“Not only survived tapi the sector will,” tutupnya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sandiaga uno Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top