Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rizieq Shihab Tak Sentuh Makanan yang Disajikan Polda Metro, Mengapa?

Polda Metro Jaya memastikan memberi Rizieq Shihab makanan yang sama dengan yang dikonsumsi tahanan lainnya.
Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) - ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat
Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) - ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Bisnis.com, JAKARTA — Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab sama sekali tak menyentuh makanan yang disajikan petugas rutan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Selama dalam tahanan, Rizieq mengaku berpuasa dan hanya memakan hidangan yang dibawakan keluarganya.

Juru Bicara FPI Munarman mengatakan bahwa kebiasaan berpuasa itu bukan hal yang baru dilakukan Rizieq setelah dijebloskan ke dalam penjara. Sebelum di hotel prodeo, pendiri FPI itu sudah rajin berpuasa.

"Sebelumnya habib sudah biasa puasa Daud," ujar Munarman saat dihubungi, Rabu (16/12/2020).

Puasa Daud adalah berpuasa separuh tahun, yakni dengan metode sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa. "Jadi rencananya setiap hari beliau akan berpuasa," kata Munarman.

Rencana Rizieq Shihab untuk berpuasa setiap hari saat ditahan di rutan Polda Metro Jaya terungkap melalui secarik surat yang ia kirimkan kepada keluarganya. Dalam surat itu, Rizieq meminta keluarganya membawakan makanan setiap menjelang buka puasa dan sahur.

"Setiap hari Aba insya Allah akan puasa, sehingga kirimkan makanan ke Aba cukup sekali saja menjelang buka puasa," ujar Rizieq dalam secarik kertas yang dikirimkan ke keluarganya pada Senin, 14 Desember 2020.

Kuasa hukum Rizieq, Ichwan Tuankotta membenarkan terkait surat itu.

Untuk hidangan sahur, Rizieq meminta agar keluarganya itu membawakan kurma dan makanan kecil. Ia juga meminta agar dibawakan teh atau susu yang disimpan dalam termos kecil untuk buka puasa. Rizieq mengistilahkan dirinya saat ini sedang berada di uzlah atau pengasingan selama di dalam penjara. 

"Terkait pesanan Aba berupa kitab-kitab dan keperluan sehari-hari, jangan dikirim sekaligus, tetapi bertahap," kata Rizieq.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus memastikan pihaknya memberi Rizieq Shihab makanan yang sama dengan yang dikonsumsi tahanan lainnya. Selain itu, Yusri memastikan standar kesehatannya pun juga tetap terjaga.

"Makanan untuk HRS tetap dilakukan SOP [standard operating procedure] yang ada, termasuk pengecekan security food-nya juga ada," ujar Yusri. 

Mengenai kondisi kesehatan, Yusri memastikan Rizieq dalam keadaan baik-baik saja. Pihak rutan pun rutin melakukan pengecekan kesehatan terhadap Pimpinan FPI itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper