Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adik Ratu Atut Menang Pilkada Kabupaten Serang, Berapa Kekayaannya?

Pasangan Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa memenangkan Pilkada 2020 di Kabupaten Serang berdasarkan real count KPU dengan 100 persen suara yang sudah masuk.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  15:01 WIB
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan penjelasan di sela seminar The Implementation of a Circular Economy in Indonesia Waste Management, di Universitas Indonesia, Depok, Selasa  (7/11). - JIBI/Nurul Hidayat
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan penjelasan di sela seminar The Implementation of a Circular Economy in Indonesia Waste Management, di Universitas Indonesia, Depok, Selasa (7/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Bupati Serang dari petahana Ratu Tatu Chasanah unggul dalam perolehan suara pada Pilkada 2020 di Kabupaten Serang.

Ratu Tatu yang juga diketahui adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini berpasangan dengan Pandji Tirtayasa dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Serang.

Berdasarkan hasil penghitungan suara atau real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paslon Ratu Tatu-Pandji Tirtayasa menang telak dengan perolehan 63,4 persen suara, sedangkan pesaingnya Nasrul Ulum-Eki Baihaki hanya berhasil meraup 36,6 persen suara. Suara yang masuk ke KPU ini sudah mencapai 100 persen.

Pasangan Ratu Tatu-Pandji ini diusung oleh 10 partai politik yakni Golkar, PAN, PDIP, PBB, PKS, PPP, Hanura, Berkarya, Nasdem, dan PKB.

Ratu Tatu diketahui menjabat sebagai Bupati Serang sejak 17 Februari 2016. Dengan perolehan suara yang unggul pada Pilkada 2020, maka hampir dapat dipastikan Ratu Tatu akan lanjut menjabat sebagai Bupati Serang periode kedua.

Adapun sebagai kepala daerah, Ratu Tatu Chasanah telah menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lantas, berapakah total kekayaannya?

Berdasarkan LHKPN tahun 2019, Ratu Tatu tercatat memiliki harta senilai Rp20,7 miliar. Nilai kekayaannya ini naik tipis jika dibandingkan LHKPN pada 2018 yaitu Rp20,3 miliar.

Dari total kekayaan Rp20,7 miliar pada 2019, Ratu Tatu tercatat memiliki 72 bidang tanah dan bangunan senilai Rp19.923.626.000.

Sejumlah bidang tanah dan bangunan itu tersebar di berbagai lokasi seperti di Serang, Tasikmalaya, Bandung, Lebak, Tangerang Selatan hingga Jakarta Pusat.

Selain itu, Ratu Tatu juga memiliki alat transportasi dan mesin berupa 9 buah mobil dan 1 buah motor senilai Rp1.312.500.000. Sederet kendaraan yang dimiliki Ratu Tatu antara lain adalah mobil VW Caravel, 2 mobil Mercedes Benz, Toyota Kijang, Mitsubishi Strada Double Cabin dan empat buah Hino Truk.

Dia juga memiliki harta bergerak lainnya mencapai Rp495.400.000, kas dan setara kas sejumlah Rp1.493.238.868. Ratu Tatu juga tercatat memilki utang sejumlah Rp2.490.454.200.

Ratu Tatu diketahui menjabat sebagai Bupati Serang sejak 17 Februari 2016. Sebelum menjabat sebagai Bupati Serang, dia sempat menjabat sebagai Wakil Bupati Serang mendampingi Bupati Taufik Nuriman.

Adapun, pada 27 Desember 2013, Ratu Tatu memenangkan pemilihan sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten menggantikan almarhum kakak iparnya Hikmat Tomet. 

Untuk diketahui, Ratu Tatu bukan satu-satunya keluarga dari mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah yang maju mencalonkan diri menjadi kepala daerah pada Pilkada serentak 2020. Puteranya, Pilar Saga Ichsan juga maju mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Tangerang Selatan, berpasangan dengan Benyamin Davnie sebagai calon wali kota Tangerang Selatan pada Pilkada 2020.

Selain itu, menantu Ratu Atut Chosiyah, Tanto Warsono Abran juga diketahui maju mencalonkan diri sebagai wakil bupati Pandeglang pada Pilkada serentak 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak serang ratu atut chosiyah Ratu Tatu Chasanah Pilkada 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top