Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Calon Kepala Daerah Terkaya, Muhidin Kesulitan Unggul di Pilkada Kalsel

Berdasarkan laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Muhidin adalah calon kepala daerah dengan kekayaan tertinggi dibandingkan calon-calon lainnya pada Pilkada 2020. KPK menyebutkan, total kekayaan Muhidin mencapai Rp 674,22 miliar.
Calon Wakil Gubernur Kalimatan Selatan Muhidin. (antarakalsel/foto/firman)
Calon Wakil Gubernur Kalimatan Selatan Muhidin. (antarakalsel/foto/firman)

Bisnis.com, JAKARTA – Meskipun memiliki nilai kekayaan terbesar di antara calon kepala daerah lainnya di Pilkada 2020, tak serta merta membuat calon Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yakni Muhidin menang mudah dari pesaingnya.

Muhidin bersama pasangannya yakni Sahbirin Noor masih bersaing harus ketat dengan pesaingnya yakni Denny Indrayana-Difriadi Darjad.

Berdasarkan laporan hitung cepat atau quick count Indikator pada Rabu (9/12/2020) per 18.35 WIB , pasangan Sahbirin Noor-Muhidin meraup 49,94 persen dukungan dari 95,67 persen suara yang masuk. Sementara itu, pesaingnya yakni Denny Indrayana-Difriadi Darjad menguasai 50,06 persen.

Seperti diketahui, berdasarkan laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Muhidin adalah calon kepala daerah dengan kekayaan tertinggi dibandingkan calon-calon lainnya pada Pilkada 2020. KPK menyebutkan, total kekayaan Muhidin mencapai Rp 674.227.888.866.

Dilihat dari kendaraan politik, pasangan Sahbirin-Muhidin didukung enam partai, yaitu Golkar, PDI Perjuangan, PAN, PKB, PKS, dan Nasdem. Total perolehan partai di kursi DPRD sebanyak 40 dari 55 kursi.

Sedangkan Denny-Difriadi diusung empat partai, yaitu Gerindra, PPP, Demokrat, dan Hanura. Total suara di legislatif 15 dari 55 kursi.

Sahbirin merupakan calon petahana. Dia kali ini berpasangan dengan Muhidin yang merupakan lawannya pada pemilihan sebelumnya. Saat itu, Muhidin ikut kontestasi sebagai calon independen.

Sementara Denny merupakan akademisi serta aktivis hukum dan antikorupsi. Dia pernah menjadi wakil menteri hukum dan hak asasi manusia periode 2011-2014.

Wakil Denny, yaitu Difriadi adalah seorang pejabat daerah di Banjarmasin. Dia memulai karier sebagai Kabag Humas Pemda Batola hingga menjadi Wakil Bupati Tanah Bumbu untuk periode 2010-2015.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN), Sahbirin terakhir kali mengumumkan kekayaannya pada 2019. Total yang dia miliki sebesar Rp22,8 miliar.

Sedangkan Muhidin memiliki harta sebesar Rp674 miliar. Ini menjadikannya sebagai peserta pilkada terkaya.

Sementara Denny total kekayaan yang dimiliki sebesar Rp10,4 miliar. Sedangkan Difriadi memiliki harta sebesar Rp6,4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper