Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Noken Papua, Ikon Google Doodle Hari Ini

Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Google Doodle mengabadikan warisan budaya Papua hari ini.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  08:07 WIB
Noken Papua di Laman Google Doodle, Jumat (4/12/2020).  -  Google.co.id
Noken Papua di Laman Google Doodle, Jumat (4/12/2020). - Google.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Ada yang berbeda dengan tampilan mesin pencari Google atau Google Doodle hari ini. Ya, pengguna bisa melihat ilustrasi Noken Papua sebagai bagian dari kampanye merayakan warisan budaya khas Papua.

Lantas, apa sebenarnya Noken Papua? Dilansir dari keterangan Google, tas noken biasanya terbuat dari bahan seperti serat pohon, kulit kayu, atau daun, yang diproses menjadi benang yang kuat dan kemudian diikat atau dianyam menjadi satu.

"Pada 4 Desember 2012, noken khas masyarakat Papua ditetapkan sebagai warisan kebudayaan tak benda UNESCO," tulis Wikipedia seperti dilansir Wikipedia, Jumat (4/12/2020).

Google Indonesia menyebutkan tema Doodle hari ini diilustrasikan oleh seniman tamu yang berbasis di Depok Danu Fitra.

Hasil karya Danu dibuat untuk merayakan Noken, kerajinan tas tradisional buatan tangan yang memiliki nilai budaya dan sosial ekonomi yang besar di seluruh Provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, keberadaan Noken dari warisan budaya Papua ini terancam. Namun, UNESCO telah mengamankan keberlanjutan Noken untuk generasi mendatang. 

Kerajinan tangan yang rumit ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan menuntut keterampilan sentuhan yang halus, perawatan yang berdedikasi, dan tidak kekurangan visi artistik.

"Produk akhirnya adalah tas tahan lama dan serbaguna yang biasa digunakan untuk mengangkut dan menyimpan barang-barang seperti makanan atau kayu bakar, dan bahkan untuk membawa anak kecil atau hewan," tulis Google sepert dikutip Bisnis, Jumat (4/12/2020).

Di luar penggunaan sehari-hari, Noken secara tradisional juga memenuhi banyak tujuan sosial dan ekonomi. Noken berfungsi sebagai simbol penyatuan budaya di antara lebih dari 250 kelompok etnis di wilayah tersebut.

Karena nilainya, Noken dapat digunakan sebagai jenis tabungan. Bahkan, Noken sering memainkan peran simbolis dalam penyelesaian sengketa secara damai.

Noken Papua sebagai salah satu warisan budaya Indonesia memang patut kita jaga. Apa saja tas atau tekstil yang menjadi ikon atau kebanggaan daerah asal Sobat Bisnis?


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google papua google doodle Papua Barat
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top