Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Menteri Jokowi yang Pernah Positif Covid-19

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjadi menteri ke-4 di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo yang terpapar Covid-19.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. /Kemnaker
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. /Kemnaker

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (3/12/2020). Ida Fauziyah akan melakukan isolasi mandiri dan saat ini dalam kondisi yang baik. 

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19. Alhamdulillah kondisi fisik saya baik. Sekarang saya melakukan isolasi untuk menghindari penularan. Mohon doanya semoga segera pulih," ungkap Ida, Kamis (3/12/2020).

Sampai saat ini belum ada informasi dimana Ida akan diisolasi. Selain itu informasi kapan Ida mulai terinfeksi virus Covid-19 juga belum diketahui. Ida Fauziyah kemudian menjadi menteri ke-4 di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo yang terpapar Covid-19.

Berikut menteri lain yang pernah positif Covid-19 dihimpun oleh Bisnis.com, Kamis (3/12/2020):

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Budi Karya Sumadi merupakan menteri pertama yang dinyatakan positif Covid-19. Budi terinfeksi virus ini pada Sabtu 14 Maret 2020 di masa awal-awal Covid-19 masuk di Indonesia yang menjadikannya pasien nomor 76. 

Menhub Budi saat itu dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Budi saat itu menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSPAD dan sempat tersebar video Menhub yang berada di ruang isolasi menggunakan alat bantu pernafasan. 

Budi cukup lama bertarung dengan virus ini, hingga akhirnya pada 5 Mei 2020 diperkenankan untuk bekerja dengan waktu terbatas oleh tim dokter. 

2. (Mantan) Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Edhy Prabowo sewaktu menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan juga sempat terinfeksi virus Covid-19. Edhy dirawat di Rumah Sakit Kramat Jati lalu pindah ke RSPAD Gatot Subroto. Edhy mengaku mulai masuk rumah sakit pada 8 September 2020, dengan kondisi sempat tak sadarkan diri dan dirawat di ICU. 

Pada 16 September 2020, Edhy Prabowo pun sudah dinyatakan negatif Covid-19 walaupun waktu itu masih dirawat dirumah sakit untuk proses pemulihan. 

3.Menteri Agama Fachrul Razi

Tak lama berselang dari Edhy Prabowo, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pada 17 September dinyatakan positif Covid-19. Fachrul kemudian menjalani proses isolasi di Rumah Sakit Bunda mulai 20 September 2020 dengan kondisi yang terpantau baik, tidak ada gejala yang mengkhawatirkan.

Sepuluh hari berselang yaitu 30 September 2020, Menag dinyatakan sumbuh dari Covid-19 yang kemudian menjalani masa pemulihan di kediamannya sebelum mulai bekerja kembali. 

4. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, hari ini Kamis (3/12/2020) dinyatakan positif Covid-19. Ida dengan kondisi saat ini baik akan melaksanakan isolasi mandiri. Namun belum ada informasi dimana Ida akan menjalani isolasi mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper