Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Tutup Buku, Jokowi Minta K/L Optimalkan Realisasi Anggaran 2020

Presiden  meminta kementerian/lembaga, terutama yang memiliki anggaran besar, agar segera membelanjakannya pada awal tahun atau Januari 2021.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  16:45 WIB
Presiden Joko Widodo - Biro Pers Media Istana.
Presiden Joko Widodo - Biro Pers Media Istana.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajaran pemerintah mengoptimalkan realisasi anggaran tahun 2020 sebelum tutup buku yang kurang lebih tiga pekan lagi.

Semua diminta berkonsentrasi pada realisasi anggaran tahun ini.

"...yang berkaitan dengan realisasi anggaran tahun 2020. Ini tinggal kurang lebih tiga minggu, hanya tinggal tiga minggu, praktis tinggal tiga minggu. Jadi, semuanya saya minta konsentrasi kepada yang namanya realisasi belanja 2020," ujarnya dalam sidang kabinet paripurna yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Masih ihwal anggaran, Presiden  meminta kementerian/lembaga, terutama yang memiliki anggaran besar, agar segera membelanjakannya pada awal tahun atau Januari 2021.

Presiden Jokowi dengan tegas mengimbau kementerian/lembaga baru melakukn penyerapan anggaran pada Februari 2021 atau setelahnya.

"Saya ingatkan sekali lagi, belanja-belanja semuanya bisa segera direalisasikan di awal Januari, di awal tahun, sehingga mestinya lelang dimulai sekarang karena DIPA-nya sudah kemarin dibagikan bisa dilelangkan segera," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Presiden juga mengingatkan semua pihak untuk terus meningkatkan kinerja penananganan Covid-19.

Pasalnya, capaian saat ini - perbandingan angka kasus nasional dan global - sudah cukup baik sehingga dia optimistis pandemi bisa terus dikendalikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi apbn realisasi anggaran
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top