Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fadli Zon: Peternakan Akun Anonim Buzzerp Jelas Merusak Demokrasi

Hal itu diungkapkan Fadli Zon melalui akun Twitter resminya, @fadlizon, Minggu (29/11/2020), mengomentari unggahan Juru bicara Persatuan Alumni (PA) 212 Haikal Hassan Baras
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 November 2020  |  09:59 WIB
Politisi Partai Gerindra Fadli Zon menyampaikan orasi di Wisma Yayasan Pembangunan Indonesia (YPI), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019). - ANTARA/Arif Firmansyah
Politisi Partai Gerindra Fadli Zon menyampaikan orasi di Wisma Yayasan Pembangunan Indonesia (YPI), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019). - ANTARA/Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi Partai Gerindra Fadli Zon mengomentari munculnya akun-akun anonim baru. Dia menilai akun buzzer atau pendengung itu dapat merusak tatanan demokrasi.

Hal itu diungkapkannya melalui akun Twitter resminya, @fadlizon, Minggu (29/11/2020). Anggota Komisi I DPR itu mengomentari tweet yang ditulis oleh Juru bicara Persatuan Alumni (PA) 212 Haikal Hassan Baras ihwal mulai ditelurkan ratusan akun anonim di sejumlah platform media sosial.

Fadli Zon menilai pihak-pihak yang membuat akun-akun tersebut tersebut harus dibongkar.

"Peternakan akun-akun anonim buzzerp semacam ini jelas merusak demokrasi. Kalau ada datanya bagus dibongkar dan termasuk dimana lokasi peternak akun," tulisnya, Minggu (29/11/2020).

Tweet Fadli Zon itu kemudian diretweet sekitar 165 akun, serta disukai sekitar 950 akun. Unggahan ini juga mengundang ragam komentar.

"Bukan hanya merusak, siapapun aktornya dan pelakunya harus dicap musuh negara dan kelak harus dikejar seperti mengejar penghianat PKI di tahun 1965," tulis @mrisal01871478.

"Ga usah jauh-jauh kalo mau memberantas buzzerp bang... liat di sekelingmu itu lho," kicau @edbarrr.

"Dalam hal ini saya pikir Pak @ismailfahmi sangat kompeten untuk membuka yang demikian. Semoga saja Pak @ismailfahmi berkenan dan berani untuk membedah ini semua untuk memulai perbaikan tatanan bermedsos," balas @senaatmaja.

Sementara itu, malam tadi Haikal Hassan alias Babe Haikal mengeluarkan cuitan terkait akun anonim baru di Twitter, Facebook hingga Youtube. Kendati begitu tidak dijelaskan tujuan pembentukan akun tersebut.

"Berdasarkan pantauan tim kami, hari ini 28 November sejak siang, ada yg ternak akun: twitter 800-an akun baru, facebook 600-an akun baru, youtube 500-an akun baru. Semua satu suara menyerang dengan wacana lontong sate
*HH," tulisnya, Sabtu (28/11/2020) malam.

Cuitan itu kemudian diretweet sekitar 600 akun serta disukai hampir 4.000 akun. Meski demikian cuitan itu memunculkan ragam komentar, baik setuju dengan pernyataan itu maupun tidak setuju.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

twitter Fadli Zon
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top