Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Biden Segera Umumkan Kabinet, Mantan Gubernur The Fed Jadi Kandidat Menkeu

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden disebut bakal mengumumkan formasi kabinet pada Selasa (24/11/2020). Beberapa figur seperti Gubernur The Fed 2014-2018 Janet Yellen dijagokan mengisi pos Menteri Keuangan.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 23 November 2020  |  01:57 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden membahas UU Perlindungan kesehatan Affordable Care Act (Obamacare) dalam jumpa pers di Wilmington, Delaware, AS, 10 November 2020. - Antara/Reuters\r\n
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden membahas UU Perlindungan kesehatan Affordable Care Act (Obamacare) dalam jumpa pers di Wilmington, Delaware, AS, 10 November 2020. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden disebut bakal mengumumkan formasi kabinet pada Selasa (24/11/2020). Beberapa figur mantan pejabat seperti Janet Yellen menjadi kandidat di sejumlah pos, mulai Menteri Keuangan hingga Menteri Pertahanan.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (23/11/2020), Kepala Staf Gedung Putih Ron Klain mengatakan Biden tidak menentukan posisi mana yang akan dinominasikan. Namun, Biden sebelumnya telah menentukan pilihan untuk posisi Menteri Keuangan.

"Sosok itu bisa diterima oleh semua elemen di Partai Demokrat, dari koalisi progresif hingga moderat," ujar Biden kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Mantan Gubernur The Federal Reserve Janet Louise Yellen digadang-gadang menjadi kandidat kuat Menteri Keuangan. Bila prediksi benar, Yellen akan menjadi wanita pertama yang menempati posisi nomor satu di Kementerian Keuangan AS.

Janet Yellen

Gubernur The Federal Reserve 2014-2018, Janet Yellen./Bloomberg

Gubernur Fed Lael brainard juga menjadi favorit untuk pos Menteri Keuangan. Namun, dia tidak memiliki kontak sama sekali dengan tim transisi Biden sejak hari pemilihan.

Roger Ferguson, mantan wakil ketua Fed dan Kepala Eksekutif Teachers Insurance and Annuity Association of America (TIAA)- College Retirement Equities Fund (CREF) juga mencalonkan diri sebagai Menteri Keuangan.

Penasihat kampanye utama Biden untuk kebijakan luar negeri, Tony Blinken disebut memiliki kans dipilih Biden guna memimpin Kementerian Luar Negeri.

Mantan Penasihat Keamanan Nasional Susan Rice dan Senator Delaware Chris Coons juga sedang dipertimbangkan.

Michele Flournoy dijagokan bakal meengisi pos Kementerian Pertahanan. Bila kelak dipilih Biden, Flournoy akan menjadi wanita pertama yang menjadi orang nomor satu di Pentagon.

Klain mengatakan Biden bergerak cepat untuk memajukan transisi. Penolakan pemerintahan Trump untuk memulai proses formal memperlambat upaya dalam segala hal mulai dari perencanaan distribusi vaksin virus corona, hingga mendapatkan pemeriksaan latar belakang untuk pilihan Biden.

Klain juga mengatakan, pelantikan Biden pada Januari akan diturunkan dari versi sebelumnya karena pandemi, dengan tetap mempertahankan beberapa tradisi.

Setelah Biden secara resmi diakui sebagai presiden terpilih, timnya akan menerima lebih dari $ 6 juta yang disisihkan oleh Kongres untuk biaya terkait transisi. 

Hingga Minggu, ada 16 hari hingga batas waktu bagi negara bagian untuk mengesahkan hasil pemilu, 22 hari hingga Dewan Pemilihan bertemu, 45 hari hingga Kongres mengesahkan hasil, dan 59 hari hingga pelantikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

janet yellen Pilpres AS 2020 Pilpres AS 2020 Joe Biden

Sumber : Bloomberg

Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top