Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Soal Pilpres 2024, Ridwan Kamil: Kalau Pintu Terbuka, Bismillah!

Gubernur Jawa Barat memahami menjadi pemimpin nasional di Tanah Air cukup rumit dengan setidaknya 3 syarat untuk berlaga pada Pilpres 2024.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 17 November 2020  |  09:56 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan video conference bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan bupati/wali kota Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Bodetabek) serta Sekretaris Daerah Banten yang diikuti Gubernur Jabar Ridwan Kamil dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (8/5 - 2020) malam.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan video conference bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan bupati/wali kota Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Bodetabek) serta Sekretaris Daerah Banten yang diikuti Gubernur Jabar Ridwan Kamil dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (8/5 - 2020) malam.

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk maju pada pemilihan Presiden 2024 mendatang. Namun, dia memberikan catatan bahwa hal itu bisa terwujud bila 'pintu terbuka lebar' untuknya.

Saat diskusi Forum Pemred pada Senin (16/11/2020) malam, Ridwan Kamil menyebut akan maju pada kontestasi Pilpres apabila seluruh syarat dimilikinya.

“Saya sederhana, kalau ada pintu terbuka akan saya ucapkan Bismillah,” katanya, Senin (16/11/2020).

Dia memahami menjadi pemimpin nasional di Tanah Air cukup rumit. Dia menjelaskan setidaknya terdapat tiga syarat untuk berlaga pada Pilpres 2024. Ketiganya adalag elektabilitas, kekuatan logistik dan usulan partai.

Kang Emil mengaku baru memiliki satu dari dua syarat tersebut yaitu elektabilitas. Hingga kini, belum ada dukungan partai untuk dirinya untuk maju pada Pilpres mendatang. Kekuatan logistik juga menurutnya belum dimiliki.

“Kecuali semesta mendukung dan pintu terbuka, saya kira kesempatan itu bisa difollow up. Tapi kalau tidak terbuka saya akan syukuri hidup saya karena jadi gubernur saja nggak pernah jadi cita-cita,” terangnya.

Adapun pada Oktober lalu, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil sigi nasional terkait pilihan calon presiden 2024 dengan simulasi tertutup 15 nama.

Hasilnya, elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan berada di peringkat teratas.

Ganjar memiliki elektabilitas sebesar 18,7 persen, Prabowo Subianto 16,8 persen, Anies Baswedan 14,4 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 8,8 persen, dan Ridwan Kamil 7,6 persen.

Sisanya, elektabilitas nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Gatot Nurmantyo dan sebagainya masih di bawah angka 5 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

presiden jawa barat ridwan kamil
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top