Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Lupakan Hari Pahlawan! Lakukan Hal Ini

Nilai-nilai kepahlawanan di tengah masyarakat mulai luntur dan menipis, sebab banyak kalangan yang lebih mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan daripada kepentingan bangsa dan negara.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 November 2020  |  10:06 WIB
Salah satu tulisan di area monumen Tugu Pahlawan di Surabaya - Istimewa
Salah satu tulisan di area monumen Tugu Pahlawan di Surabaya - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diajak untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai refleksi peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Ajakan tersebut disampaikan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil) saat melakukan kunjungan kerja di Manado, Sulawesi Selatan, Senin.

"Pada momentum Hari Pahlawan 10 November, mari kita aktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan. Kita aktualisasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Gus Jazil, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Menurut Gus Jazil, pahlawan adalah sosok yang mendahulukan dan mementingkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan dan pribadi.

"Nilai-nilai seperti itulah yang perlu terus dikembangkan, dirawat, dan dijaga. Sosok pahlawan juga memiliki kepentingan pribadi, namun kepentingan yang lebih besar didahulukan," ujarnya.

Ia mengakui nilai-nilai kepahlawanan di tengah masyarakat mulai luntur dan menipis, sebab banyak kalangan yang lebih mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan daripada kepentingan bangsa dan negara.

"Sikap yang demikian kerap menimbulkan masalah," ungkap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mengajak semua pihak menjadikan momentum Hari Pahlawan sebagai penyadaran kembali meletakkan kepentingan yang lebih besar di atas kepentingan pribadi dan golongan.

"Menjadi insan Indonesia yang cinta kepada bangsa dan negara," tegasnya.

Diingatkan oleh alumnus PMII itu pentingnya membudayakan nilai-nilai kepahlawanan, sebab membudayakan mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan akan membahayakan masa depan bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan adalah untuk mengenang Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945. Pertempuran itu untuk mempertahankan Indonesia dari keinginan penjajah yang hendak merebut kembali Indonesia yang sudah merdeka.

Untuk mengenang jasa-jasa para pejuang dan pahlawan pada peristiwa itu, pemerintah menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan berdasarkan Keppres Nomor 316 Tahun 1959.

Adapun, tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 adalah Pahlawanku Sepanjang Masa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indonesia surabaya kebangsaan Hari Pahlawan

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top