Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump vs Biden, Kapan Hasil Resmi Pilpres AS Diumumkan?

Akibat pandemi Covid-19, pemilihan umum di AS kali ini agak berbeda. Sebagian warga memilih melalui surat dan ini akan memakan waktu penghitungan yang lebih panjang dari biasanya.
Warga memberikan suara di lokasi pemungutan suara untuk pemilihan Presiden 2020 di Pinole, California, AS, Selasa, (3/11/2020).  Bloomberg/David Paul Morris
Warga memberikan suara di lokasi pemungutan suara untuk pemilihan Presiden 2020 di Pinole, California, AS, Selasa, (3/11/2020). Bloomberg/David Paul Morris


Bisnis.com, JAKARTA - Pemungutan suara telah lama ditutup dalam pemilihan presiden (Pilpres) AS, tetapi persaingan untuk Gedung Putih antara Donald Trump dan Joe Biden masih belum terselesaikan. Mengapa?

Kita mungkin tidak mendapatkan hasil pada malam pemilihan kali ini. Jutaan lebih orang Amerika telah memberikan suara melalui pos karena virus Corona, yang berarti penundaan penghitungan semua suara mungkin terjadi.

Lalu, Kapan biasanya kita mendapatkan hasil pemilu AS?

Hasilnya biasanya jelas pada malam pemilihan. Setiap negara bagian memiliki waktu yang berbeda dalam penghitungan suara.

Pemungutan suara pertama ditutup di Pantai Timur pada pukul 19:00 waktu setempat (00:00 GMT). Ini diikuti dengan total suara berjalan seperti yang dilaporkan di setiap negara bagian.

Penghitungan penuh tidak pernah selesai pada malam pemilihan - itu normal - tetapi biasanya ada cukup suara untuk mengonfirmasi pemenang.

Itu bukan hasil akhir tetapi hampir selalu terbukti benar ketika semua suara dihitung. Presiden AS tidak ditentukan oleh pemungutan suara nasional, tetapi dengan memenangkan cukup banyak negara bagian.

Pemenang di setiap negara bagian mengambil sejumlah 'suara elektoral' berdasarkan hitungan kasar pada jumlah penduduknya. Untuk memenangkan Gedung Putih, dibutuhkan 270 suara elektoral.

Pada 2016, dilansir oleh BBC, pengumpulan hasil suara untuk Donald Trump dilakukan sekitar pukul 02:30 EST (07:30 GMT), setelah kemenangan di Wisconsin menempatkannya di atas 270.

Mengapa Pilpres tahun ini berbeda?

Pandemi virus Corona berarti lebih banyak orang dari sebelumnya yang memberikan suara lebih awal, baik melalui pos atau secara langsung.

Penghitungan suara melalui pos biasanya memakan waktu lebih lama karena harus melalui lebih banyak langkah untuk diverifikasi, seperti tanda tangan dan pemeriksaan alamat.

Beberapa negara bagian seperti Florida mengizinkan proses ini dimulai beberapa minggu sebelum hari pemilihan, sehingga suara sudah siap dihitung. Itulah mengapa Florida telah memberikan hasil lebih awal. Arizona adalah negara bagian penting lainnya yang diperhitungkan lebih awal.

Negara bagian mana yang ditunggu?

Dikutip dari BBC, negara bagian seperti Pennsylvania dan Wisconsin tidak mengizinkan pemungutan suara awal diproses hingga hari pemungutan suara.

Negara bagian ini bisa jadi sangat penting dan pejabat pemilu mengatakan penghitungan bisa memakan waktu berhari-hari. Apakah surat suara melalui pos dapat memicu penipuan dalam Pilpres 2020?

Negara bagian penting lainnya seperti Georgia, Michigan dan North Carolina menerapkan sistem pemungutan yang imbang.

Faktor apa lagi yang menunda penghitungan?

Sekitar setengah dari negara bagian akan menerima surat suara pos yang tiba setelah hari pemilihan, asalkan diberi cap pos sebelum 3 November, jadi beberapa suara tidak akan dihitung sampai beberapa hari setelah pemilihan.

Selain itu, sejumlah pihak memperkirakan akan ada peningkatan dalam surat suara sementara - suara yang diberikan oleh orang-orang yang meminta surat, tetapi memutuskan untuk memilih secara langsung.

Dan ini tidak akan dimasukkan dalam penghitungan awal, karena memerlukan pemeriksaan untuk memastikan orang tersebut tidak memilih dua kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper