Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tolak Tawaran Vaksinasi Covid-19 saat ke China, Ini Alasan Luhut

Ketika berkunjung ke Yunan, China, pekan lalu, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hanya dirinya dan rombongan dari Indonesia yang masih harus tetap menggunakan masker.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  21:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan merasa menjadi alien atau mahkluk asing ketika berkunjung ke Yunan, China, pada pekan lalu.

Pasalnya, Luhut bercerita, hanya dirinya dan rombongan dari Indonesia yang masih harus tetap menggunakan masker sementara masyarakat China sudah menanggalkan maskernya alias hidup normal seperti sebelum pandemi Covid-19 mewabah akhir tahun 2019 lalu.

“Minggu lalu saya dari Tiongkok, dari Yunan, untuk bicara dengan pemerintah Tiongkok dalam berbagai macam hal. Tidak ada lagi yang pakai masker ini jadi kita yang menjadi alien datang ke sana, karena kita harus pakai masker, jadi mereka sudah tidak,” kata Luhut saat memberi pengarahan di Lemhannas pada Jumat (23/10/2020).

Dalam lawatan itu, dia terheran-heran, lantas bertanya kepada sejumlah pejabat teras pemerintahan China apakah mereka sudah disuntik vaksin atau belum.

“Sudah saya sudah disuntik vaksin, sudah dapat Sinovac. Kamu mau disuntik juga,” kata dia menirukan omongan Menteri Luar Negeri China pada saat itu.

Menanggapi pertanyaan itu, dia menolak untuk disuntik vaksin. Alasannya, di Indonesia belum mendapat emergency use authorization (EUA) atau otorisasi penggunaan darurat.

“Saya dikasih suntikan tetapi kan enggak bisa disuntik karena kita belum ada emergency use authorization itu yang harus kita tunggu, itu aturan jadi ktia harus patuh juga pada aturan,” kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Luhut Pandjaitan Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top