Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenag Buka Seleksi Calon Imam untuk Penempatan di Uni Emirat Arab

Seleksi calon imam ini digelar untuk memenuhi permintaan dari Uni Emirat Arab terkait imam masjid asal Indonesia.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 10 Oktober 2020  |  14:02 WIB
Suasana shalat Idul Adha di masjid Al-Munawwar Ternate 2019. - Antara/Abdul Fatah
Suasana shalat Idul Adha di masjid Al-Munawwar Ternate 2019. - Antara/Abdul Fatah

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) membuka seleksi calon imam masjid untuk di tempatkan di Uni Emirat Arab (UEA). Peserta yang lulus seleksi akan bertugas setidaknya selama 2 tahun.

Direktur Penerangan Agama Islam Juraidi mengatakan seleksi calon imam ini digelar untuk memenuhi permintaan dari Uni Emirat Arab terkait imam masjid asal Indonesia. Adapun, jumlah Imam yang dibutuhkan adalah 100 orang.

“Calon imam juga memahami retorika dakwah, mampu berkhotbah, berakhlak baik, berpaham ahlus sunnah wal jamaah dengan manhaj wasatiyah, tidak tergabung dalam partai politik, menyiapkan dokumen ke luar negeri dan minimal berumur 25 tahun atau sudah menikah,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Juraidi menambahkan calon imam harus hafal Quran 30 juz, sehat jasmani dan rohani, menguasai ilmu tajwid, memiliki suara fasih, menguasai bahasa arab, memahami hukum fikih dan memiliki pemikiran yang jernih. Adapun, calon peserta dapat mengirimkan riwayat hidup (CV) melalui surat elektronik di alamat penaislam@kemenag.go.id sampai 20 Oktober 2020.

Juraidi menyatakan peserta yang lolos seleksi akan dikirim ke UEA dan bertugas selama dua tahun. Adapun, hal tersebut sesuai perjanjian MoU antara Indonesia dan UEA.

Dia mengatakan akan mengirim undangan ke seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) ke seluruh Provinsi di Indonesia.

“Seleksi akan dilakukan tanggal 2 November sampai 4 November 2020,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian agama uni emirat arab
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top