Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Expo & Alor Karnaval Ditutup Lebih Cepat, Langgar Protokol Covid-19?

Menurut Bupati Alor, diperpendeknya masa pameran dan karnaval juga dikarenakan Pemkab Alor tidak ingin masyarakat yang hadir terlena dengan pelaksanaan expo.
Bupati Alor Provinsi NTT Amon Djobo./FOTO ANTARA-HO-Humas Pemkab Alor
Bupati Alor Provinsi NTT Amon Djobo./FOTO ANTARA-HO-Humas Pemkab Alor

Bisnis.com, KUPANG — Bupati Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur Amon Djobo mengatakan bahwa penutupan kegiatan Expo Alor ke-14 dan Alor Karnaval ke-7 dari semula sepekan menjadi empat hari bukan karena tekanan atau desakan dari siapapun.

"Ya, semula memang kami rencanakan dibuka pada Senin 28/9/2020) dan berakhir pada Sabtu [3/10/2020]. Namun, karena beberapa hal, makanya kami perpendek masa expo-nya," katanya saat dihubungi dari Kupang, Jumat (2/10/2020).

Menurutnya, alasan dipercepatnya masa penutupan expo tersebut karena pihaknya tidak ingin merepotkan pihak kepolisian atau pihak keamanan lainnya yang selama expo dibuka selalu berjaga untuk menjaga keamanan dan juga harus mengawasi warga yang tidak taat akan protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, selama berlangsungnya Expo Alor masyarakat juga diawasi untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Pengawasan langsung oleh aparat TNI/POLRI dan Pol PP, sekaligus memberi edukasi bagi masyarakat agar memulai pola hidup baru dengan tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatan.

Di samping itu, kata Amon, diperpendeknya masa pameran dan karnaval juga dikarenakan Pemkab Alor tidak ingin masyarakat yang hadir terlena dengan pelaksanaan expo sehingga lupa untuk mulai mempersiapkan diri jelang musim tanam.

"Ini yang hadir dalam expo yang berlangsung sejak Senin kemarin adalah warga dari kampung-kampung. Mereka harus mulai mempersiapkan lahannya untuk masa tanam sehingga penutupannya kita lakukan pada malam hari ini dan sehingga besok mereka bisa pulang ke kampungnya untuk persiapan," tambah dia.

Apalagi, kata dia, Presiden Joko Widodo sudah menyatakan agar masyarakat Indonesia harus bersahabat dengan Covid-19. Artinya bahwa masyarakat juga harus tetap bekerja agar tetap bisa hidup namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, bupati menuturkan bahwa pelaksanaan expo di tengah pandemi Covid-19 bukan karena pemkab setempat ingin mencelakai warganya, melainkan ingin membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.

Amon menegaskan bahwa adanya pemberitaan yang menyatakan diperpendeknya masa Expo Alor dan Alor Karnaval itu atas perintah dari pihak tertentu tidaklah benar. "Apalagi ada yang memberitakan hal itu. Saya mau katakan bahwa itu tidaklah benar." 

Sebelumnya beredar informasi bahwa Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif telah meminta agar Pemkab Alor segera menutup Expo Alor tersebut karena pelaksanaanya bertepatan dengan pandemi Covid-19.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper