Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masyarakat Harus Menggunakan Masker untuk Menekan Angka Covid-19

Masyarakat wajib memakai masker dalam kehidupan sehari-hari. Jika ini dilakukan, maka angka penyebaran Covid-19 bisa turun drastis.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  14:14 WIB
Dr.dr. Norman Zainal, Sp.OT, M.kes  - Youtube
Dr.dr. Norman Zainal, Sp.OT, M.kes - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Kehidupan normal baru mau tidak mau harus dilaksanakan oleh masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan 3 M (mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak).

Jika tidak menerapkan protokol kesehatan ini dengan baik dan benar maka dengan mudah bisa tertular virus Corona.

Salah satu cara yang paling mudah untuk tidak menulari dan tertular Covid-19 adalah menggunakan masker. Secara teoritis, ilmiah dan diterima dengan akal sehat, masker adalah alat paling ampuh untuk mencegah dan menekan angka penyebaran Covid-19.

"Perlu banget pemerintah atau satgas memproduksi jenis masker N95 secara massif agar harganya murah setelah itu masker medis kalau tidak ada masker kain," ujar Dr.dr. Norman Zainal, Sp.OT, M.kes dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Satgas Covid-19 dengan tema Pencegahan Covid19: Beda Masyarakat, Beda Strategi?, Kamis (1/10/2020).

Norman juga melihat kecenderungan masyarakat kita yang masih mengikuti tokoh panutan dalam bertindak perlu diedukasi lagi dalam menggunakan masker. Edukasi ini termasuk ke tokoh panutan agar bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

Norman juga berharap masyarakat mulai merasa wajib memakai masker dalam kehidupan sehari-hari. Jika ini dilakukan, maka angka penyebaran Covid-19 bisa turun drastis.

"Masyarakat kita ini masih paternalistik masih melihat tokoh panutannya. Kita harus mengedukasi tokoh panutannya agar memberi contoh dan keteladanan yang baik kepada masyarakat."

"Saya meyakini penularan Covid-19 akan menurun drastis jika terjadi perubahan perilaku di masyarakat di mana mereka yakin ada aurat baru yaitu mulut dan hidung. Kalau diyakini itu aurat dan merasa malu jika keluar tanpa menggunakan masker penurunan sangat drastis dan bisa diminimalisir."

"Jadi dari segi perubahan perilaku saya menganjurkan kita fokus memasyarakat penggunaan masker ini dengan berbagai cara seperti keteladanan, penegakkan hukum dan dengan regulasi."

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top