Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bio Farma Ajukan Kesiapan Produksi Vaksin ke CEPI Akhir 2021

Hasil due diligence, Bio Farma memenuhi persyaratan sebagai Potential Drug Product Manufacturer CEPI for Covid-19, tetapi laporan atau pengumuman resmi masih menunggu dari CEPI.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 September 2020  |  19:41 WIB
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). - Antara/Dhemas Reviyanto
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). - Antara/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bio Farma (Persero) bakal segera mengajukan usulan kesiapan sebagai produsen vaksin dalam kerangka kemitraan bersama Coalition for Epidemic Preparedness Innovations, CEPI, pada akhir 2021.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dalam press briefing, Rabu (30/9/2020).

“Hasil due diligence, Bio Farma memenuhi persyaratan sebagai Potential Drug Product Manufacturer CEPI for Covid-19, tetapi laporan atau pengumuman resmi masih menunggu dari CEPI,” katanya.

CEPI telah menyelesaikan due diligence terhadap Bio Farma pada 15 September 2020 untuk memproduksi vaksin Covid-19.

CEPI melakukan assessment atas kemampuan kapasitas manufaktur vaksin Covid-19, Quality Management System (QMS), dan kemampuan analisis laboratorium, hingga sistem teknologi informasi Bio Farma.

“Bio Farma akan mengajukan usulan kesiapannya sebagai Drug Product Manufacturer CEPI mulai akhir tahun 2021,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bio Farma telah masuk sebagai satu dari tujuh perusahaan manufaktur yang terpilih menjadi produsen vaksin Covid-19 dari Koalisi untuk Inovasi Persiapan Epidemi (CEPI). Jika kerja sama terealisasi, jejaring Bio Farma di level multilateral akan semakin kuat.

“Kesempatan yang baik bagi Bio Farma untuk memperkuat networking di bidang vaksin, juga untuk meningkatkan kepercayaan global atas kemampuan Bio Farma di bidang vaksin serta dapat meningkatkan akses vaksin Covid-19 bagi negara Indonesia,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin bio farma covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top