Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Debat Capres AS Putaran Pertama Segera Dimulai, Ini Topiknya

Debat akan dimulai pukul 21.00 hingga 22.30 malam waktu timur AS (ET), bertempat di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland, negara bagian Ohio.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 September 2020  |  17:55 WIB
 Presiden AS Donald Trump berbicara selama acara di Fincantieri Marinette Marine di Wisconsin, Amerika Serikat pada Kamis (25/6/2020). (Thomas Werner - Bloomberg)\n
Presiden AS Donald Trump berbicara selama acara di Fincantieri Marinette Marine di Wisconsin, Amerika Serikat pada Kamis (25/6/2020). (Thomas Werner - Bloomberg)\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Debat putaran pertama antara calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Joe Biden akan berlangsung pada malam ini waktu setempat.

Debat akan dimulai pukul 21.00 hingga 22.30 malam waktu timur AS (ET), bertempat di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland, negara bagian Ohio.

Pertarungan gagasan itu akan menjadi rangkaian proses kampanye menjelang pemungutan suara pada 3 November mendatang. Ohio merupakan basis negara bagian yang solid bagi Partai Republik dan kemenangan Trump pada 2016 lalu mencapai delapan poin.

"Topik-topik yang akan dibahas meliputi rekam jejak Biden dan Trump, Mahkamah Agung AS, pandemi Covid-19, ekonomi, ras dan kekerasan di kota, dan integritas pemilu”seperti dikutip Theguardian.com, Selasa (29/9/2020).

Sementara itu, CBS News melaporkan bahwa Trump menggunakan kartu flash dan video untuk mempersiapkan diri dan menghindari latihan debat secara tradisional.

Trump kemarin mengatakan jika Rudy Giuliani dan mantan Gubernur New Jersey, Chris Christie, turut membantunya mempersiapkan diri menghadapi debat perdana. Para pembantu Trump juga mengklaim sudah mempelajari kebiasaan debat Biden dan pihaknya sudah menyiapkan 'gudang' materi yang siap digunakan Trump.

Baik Biden maupun Trump mengaku sangat menantikan debat yang akan berlangsung selama 90 menit tersebut.

Nantinya debat akan dibagi dalam enam segmen yang masing-masing berdurasi 15 menit. Secara keseluruhan, debat akan berjalan selama 90 menit tanpa jeda iklan, tanpa pidato pembukaan, dan pertanyaan pertama akan ditujukan kepada Trump.

Jurnalis Fox News, Chris Wallace ditunjuk sebagai moderator dalam debat perdana. Meski Fox News dinilai sebagai media yang berpihak pada Trump dalam peliputannya selama empat tahun terakhir, tapi Wallace dipandang sebagai jurnalis yang relatif independen dan tak berpihak.

Wallace mendapat pujian atas wawancaranya dengan Trump pada Juli lalu. Saat itu, dia menantang Trump terkait jumlah kematian akibat virus corona.

Oleh karena itu, Wallace bukanlah favorit Trump. Kemudian pada Kamis lalu, Trump mengklaim Wallace 'dikendalikan oleh (sayap) kiri radikal'.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Donald Trump Joe Biden
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top