Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tekan Angka Kemiskinan dan Pengangguran, Karang Taruna Siap Cetak Sociopreneur

Penciptaan taruna sociopreneur menjadi bukti komitmen Karang Taruna membantu pemerintah memerangi kemiskinan dan pengangguran.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 September 2020  |  12:47 WIB
Acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Karang Taruna, Minggu (27/9/2020) - Karang Taruna Nasional.
Acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Karang Taruna, Minggu (27/9/2020) - Karang Taruna Nasional.

Bisnis.com, JAKARTA– Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Karang Taruna Nasional, Rapsel Ali mengatakan bahwa Karang Taruna siap melahirkan wirausaha muda yang punya kepedulian sosial atau sociopreneur.

“Karang Taruna siap menciptakan taruna-taruna wirausaha yang punya kepedulian sosial atau disebut sociopreneur. Kita mau menciptakan sebanyak 500.000 kader setiap tahun,” ujarnya dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Karang Taruna, dikutip dari pernyataan resmi, Minggu (27/9/2020).

Menurutnya, penciptaan taruna sociopreneur menjadi bukti komitmen Karang Taruna membantu pemerintah memerangi kemiskinan dan pengangguran.

Dia menambahkan para taruna sociopreneur ini juga siap disebar ke desa seluruh dan kelurahan hingga pelosok Negeri.

Alhasil, jika data kependudukan 2019 menunjukkan ada 74.957 desa dan disebar 35 pengurus di tiap-tiap desa, maka ada total 2.623.495 pengurus Karang Taruna di tingkat desa.

Kemudian, jika pada saat yang sama, sebanyak 382.050 pengurus juga tersebar di 8.490 desa, maka total pengurus Karang Taruna di tingkat desa dan kelurahan mencapai 3.005.545 orang.

“Kita persiapkan mereka [taruna sociopreneur] untuk menjadi agen-agen penggerak ekonomi di desa-desa maupun di perkotaan sehingga mereka menjadi kader-kader sociopreneur yang kuat, mandiri, dan berintegritas,” ujar Rapsel.

Pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) itu menilai, sociopreneur merupakan konsep ideal pemuda masa kini untuk nengembangkan ekonomi bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Adapun, Rapsel juga secara khusus memberikan ucapan selamat kepada seluruh elemen organisasi yang berdiri pada 26 September 1960 ini.

“Dirgahayu ke-60 Karang Taruna. Semoga sahabat-sahabat Karang Taruna di seluruh Indonesia bisa terus menjadikan Karang Taruna sebagai ladang pengabdian. Salam Aditya Karya Mahatva Yodha,” ujar Rapsel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengangguran sociopreneur angka kemiskinan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top