Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SAS Analytics Siap Bantu Analisis Data Covid-19 di Indonesia

SAS bisa membantu pengolahan data Covid-19 terkait dua hal, yakni contact tracing dan pendistribusian bantuan.
SAS Analytics/ Siaran Pers SAS Analytics
SAS Analytics/ Siaran Pers SAS Analytics

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan penyedia perangkat lunak statistik SAS Analytics siap membantu pemerintah Indonesia melakukan pengolahan data Covid-19.

Saat ini, SAS dalam tahap pembicaraan dengan sejumlah pemerintah daerah untuk kemungkinan kerja sama.

Managing Director SAS Indonesia Febrianto Siboro menyebut SAS bisa membantu pengolahan data Covid-19 terkait dua hal, yakni contact tracing dan pendistribusian bantuan.

"Pertama kami bisa membantu dalam konteks scoring atau pengecekan data calon penerima, sehingga penyaluran bantuan bisa lebih tepat sasaran. Lalu, yang kedua, kami juga bisa membantu pemerintah terkait proses contact tracing," tutur Febri dalam keterangan yang diterima Bisnis, Minggu (27/9/2020).

Perangkat lunak SAS sebelumnya dipercaya membantu beberapa negara, salah satunya AS. Mereka berharap di Indonesia kerja sama juga bisa dijalin.

Menurut Febrianto, di era pandemi saat ini, kebutuhan data menjadi kunci bagi pemerintah untuk mengendalikan persebaran virus.

"Enggak ada satu pun negara yang sebenarnya siap menghadapi Covid. Kendala ini disebabkan data menjadi fondasi dalam menjawab masalah yang sedang terjadi," ujar Febrianto.

Hingga Kamis (24/9), jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Indonesia telah melampaui angka 262.000. Dari jumlah tersebut, baru 192.000 orang lebih dinyatakan sembuh dan korban jiwa telah mencapai angka 10.105.

SAS memiliki perwakilan di berbagai negara, termasuk di Indonesia sejak 20 tahun lalu. Selain perangkat lunak, perusahaan ini juga telah mendukung 64 program akademik di 68 negara.

"Kami benar-benar ingin memberi jawaban terhadap [masalah Covid-19) Indonesia," tandas Febrianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : SAS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper