Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Klaim WHO Dukung Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19

China meluncurkan program itu pada Juli dan ratusan ribu yang dianggap berisiko tinggi terinfeksi Covid-19 telah menerima vaksin, kendati masih uji klinis tahap 3.
Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pejabat Komisi Kesehatan Nasional China, Zheng Zhongwei, mengklaim bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi dukungan serta memahami langkah negara itu untuk mulai membagikan vaksin eksperimental Covid-19 ke masyarakat saat uji klinis masih berlangsung.

Hal ditegaskannya, Jumat (25/9/2020). Menurutnya, China meluncurkan program darurat pada Juli dan telah berdiskusi dengan WHO pada akhir Juni.

Ratusan ribu pekerja esensial dan kelompok terbatas lainnya dari orang-orang yang dianggap berisiko tinggi terinfeksi Covid-19 telah menerima vaksin, kendati keampuhan dan keamanan vaksin tersebut sepenuhnya belum ditetapkan lantaran uji klinis tahap 3 masih dalam pengujian.

"Pada akhir Juni, Dewan Negara China merestui rencana program penggunaan darurat (vaksin) Covid-19. Usai direstui, pada 29 Juni, kami berkonsultasi dengan perwakilan terkait dari Kantor WHO di China, dan memperoleh dukungan dan WHO memahami," kata Zheng kepada awak media.

Perwakilan WHO di China belum menanggapi permintaan konfirmasi atas klaim tersebut.

Kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan mengatakan di Jenewa bahwa otoritas regulator nasional bisa saja menyetujui penggunaan produk medis di dalam yuridiksi mereka sendiri dalam situasi genting saat ini. Namun, dia menggambarkan langkah itu sebagai 'solusi sementara.

Solusi jangka panjang ditentukan begitu uji klinis tahap 3 selesai, kata pejabat WHO.

Kendati begitu, Beijing tidak merilis penjelasan yang memerinci program penggunaan darurat mereka.

Sedikitnya tiga calon vaksin Covid-19, termasuk dua yang dikembangkan oleh China National Biotec Group (CNBG) yang didukung negara, dan satu dari Sinovac Biotech, semuanya dalam uji klinis tahap 3 di luar negeri, masuk dalam program tersebut.

Vaksin eksperimental Covid-19 keempat yang dikembangkan oleh CanSino Biologics mendapat lampu hijau untuk penggunaan di kalangan militer China pada Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper