Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Satgas Covid-19 Tegaskan Jumlah Tenaga Kesehatan Masih Cukup

Saat ini ada sekitar 6.000 tenaga kesehatan termasuk dokter, perawat, petugas farmasi, dan petugas laboratorium yang sudah mendaftar menjadi relawan Covid-19.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 17 September 2020  |  15:49 WIB
Tenaga medis di Rumah Sakit Islam Siti Hajar di Sidoarjo, Jawa Timur, mengenakan baju hazmat, masker, dan pelindung muka saat mengikuti upacara peringatan HUT RI pada Senin (17/8/2020). - Antara
Tenaga medis di Rumah Sakit Islam Siti Hajar di Sidoarjo, Jawa Timur, mengenakan baju hazmat, masker, dan pelindung muka saat mengikuti upacara peringatan HUT RI pada Senin (17/8/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menyebut bahwa jumlah tenaga kesehatan yang tersedia masih cukup untuk melayani masyarakat dan memerangi wabah Covid-19.

Koordinator Tim Relawan STPC-19 Andre Rahardian mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 6.000 tenaga kesehatan termasuk dokter, perawat, petugas farmasi, dan petugas laboratorium yang sudah mendaftar menjadi relawan Covid-19.

Adapun, kesempatan juga mendaftar juga masih terbuka bagi yang ingin menjadi relawan dengan menyertakan kelengkapan administrasi seperti dokumen selesai internship dokter atau dokumen yang menunjukkan mereka sudah menjadi tenaga kesehatan resmi.

Andre menegaskan saat ini kondisinya jumlah tenaga medis masih bisa untuk memenuhi kebutuhan di fasilitas yang baru akan dibuka. Tapi akan perlu waktu untuk persiapan dari mulai permintaan sampai bisa disiapkan.

Insya Allah cukup, tapi memang perlu waktu. Kalau di Jakarta persiapannya maksimal 7 hari. Kalau Jawa juga mungkin bisa cepat karena Fakultas Kedokteran masih banyak di pulau Jawa,” jelasnya, Kamis (17/9/2020).

Sebelumnya, Dalam Rapat Terbatas menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga menhyebitkan bahwa jumlah total relawan, Nusantara Sehat, dan internship yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 dan tersebar di seluruh rumah sakit Covid-19 dan laboratorium sarana kesehartan untuk melayani terkait Covid-19.

“Dan masih ada 3.500 dokter internship dan 800 tenaga dari Nusantara Sehat. Di samping itu, ada tenaga relawan 685 orang termasuk dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam, dan tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum, dan sebagainya yang siap di-deploy-kan dan siap membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan,” jelasnya.

Andre mengatakan, relawan yang sudah terdaftar akan segera dihubungi oleh lembaga tempat mendaftar karena kebutuhan dari fasilitas kesehatan hampir di seluruh Indonesia dengan konsentrasi di 8 provinsi Indonesia sangat dibutuhkan.

“Semoga, teman-teman tenaga kesehatan yang sudah mendaftarkan diri dan melengkapi persyaratan bisa segera bergabung dengan relawan yang sudah bekerja di rumah banyak fasilitas kesehatan, seperti di RSDC Wima Atlet dan seluruh fasilitas kesehatan lainnya di seluruh provinsi. Kami mengharapkan kerja samanya dan selalu terbuka untuk kerja sama dengan organisasi-organisasi yang menaungi tenaga kesehatan,” imbuh Andre.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenaga medis tenaga kesehatan Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top