Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasto: Mulyadi Telah Kembalikan Rekomendasi PDIP untuk Pilgub Sumbar

Pengembalian dukungan ini buntut dari pernyataan Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani saat pengumuman calon kepala daerah pada Rabu, 2 September 2020.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan bakal calon Gubernur Sumatera Barat Mulyadi telah mengembalikan rekomendasi dukungan untuk Pilkada Sumatra Barat.

Atas keputusan Mulyadi, Hasto pun mengucapkan terima kasih atas pengembalian rekomendasi tersebut.

"Sejak awal saya sudah menduga bahwa Mulyadi tidak kokoh dalam sikap sebagai pemimpin, sehingga mudah goyah dalam dialektika ideologi," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9/2020).

Pengembalian dukungan ini buntut dari pernyataan Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani saat pengumuman calon kepala daerah pada Rabu, 2 September 2020. Puan melontarkan harapan 'semoga Sumbar menjadi provinsi pendukung negara Pancasila' yang kemudian menuai polemik.

Hasto mengatakan yang disampaikan Puan adalah harapan agar Sumbar jauh lebih baik. Dia menyinggung sejarah kepeloporan para pahlawan Sumatera Barat seperti Hatta, K.H. Agus Salim, Rohana Kudus, H.R. Rasuna Said, M. Natsir, Tan Malaka, dan lain-lain.

Hasto mengatakan para tokoh itu adalah pejuang bangsa dan sosok pembelajar yang baik serta menjadi teladan kader PDIP. Namun, Hasto menilai sikap Mulyadi dapat dipahami.

"Karena politik kekuasaan bagi yang tidak kokoh dalam prinsip hanya menjadi ajang popularitas," kata Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menyatakan bagi PDIP, menjadi pemimpin harus kokoh dan sekuat batu karang ketika menghadapi terjangan ombak, terlebih ketika menyangkut Pancasila.

Sementara itu, Mulyadi belum dapat dihubungi. Pesan dan panggilan ke nomor selulernya tak direspons. Adapun Ali Mukhni, calon wakil gubernur pasangan Mulyadi, tak mau berkomentar saat dihubungi pada Sabtu (5/9/2020) malam.

Sebelumnya di beberapa media lokal, Ali Mukhni dan Mulyadi menyatakan akan mengembalikan dukungan kepada PDIP di Pilkada 2020. Bupati Pariaman itu mengaku mendapat banyak protes dari para tokoh Minang yang kecewa dengan ucapan Puan Maharani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper