Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Prancis Luncurkan Paket Stimulus Ekonomi 100 Miliar Euro

Pemerintahan Presiden Emmanuel Macron menyebut investasi tersebut akan mencakup pengeluaran dalam jumlah besar untuk energi hijau dan transportasi.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 04 September 2020  |  07:37 WIB
Wonderful Indonesia warnai Piala Dunia Wanita FIFA 2019 Prancis.  - ANTARA
Wonderful Indonesia warnai Piala Dunia Wanita FIFA 2019 Prancis. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Prancis meluncurkan paket stimulus ekonomi 100 miliar euro (US$118,5) untuk membantu memperbaiki kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh pandemic Covid-19.

Pemerintahan Presiden Emmanuel Macron menyebut investasi tersebut akan mencakup pengeluaran dalam jumlah besar untuk energi hijau dan transportasi.

Program yang disebut dengan "peluncuran kembali Prancis" itu bertujuan untuk membalikkan keadaan akibat pengangguran yang meningkat dan  untuk  memulihkan pemotongan pajak untuk bisnis.

Ekonomi negara itu menyusut 13,8 persen antara April dan Juni atau penurunan triwulan terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Program tersebut, yang setara dengan 4 persen dari output ekonomi tahunan Prancis, disebut oleh Perdana Menteri Jean Castex hampir empat kali lebih besar daripada strategi penyelamatan yang diterapkan setelah krisis keuangan 2008.

Tujuan program itu juga untuk menghindari pendanaan darurat Covid-19 dan untuk melakukan investasi jangka panjang di sektor tenaga kerja serta untuk  transformasi Prancis menuju ekonomi hijau.

Sekitar 40 miliar euro dari pendanaan itu pendanaan berasal dari dana pemulihan Uni Eropa yang baru seperti dikutip BBC.com, Jumat (4/9/2020).

Sekitar 35 miliar euro dialokasikan untuk proyek-proyek yang membuat ekonomi lebih kompetitif, dan 30 miliar euro akan digunakan untuk kebijakan energi yang lebih ramah lingkungan.

Sekitar 6 miliar euro direncanakan untuk membuat bangunan publik dan rumah di kawasan pedesaan. Sedangkan industri hidrogen, sektor yang menerima investasi besar di Jerman, akan mendapat alokasi dua miliar euro.

Paket investasi lainnya akan digunakan untuk mendukung pelatihan dan inisiatif sosial yang lebih luas dengan tujuan menciptakan setidaknya 160.000 lapangan kerja tahun depan.

Castex mengatakan uang itu akan dibelanjakan selama dua tahun ke depan. Dia berharap investasi itu akan mengembalikan ekonomi ke tingkat sebelum pandemi pada 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top