Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menanamkan Pentingnya Kesetaraan Gender Sejak Dini

Memasak di dapur, tidak hanya menjadi pekerjaan perempuan, pria juga bisa melakukannya.
Kecap hitam./ilustrasi
Kecap hitam./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesetaraan gender menjadi salah satu isu yang cukup krusial di dalam kehidupan masyarakat, tak terkecuali dalam rumah tangga. Sebab, sering kali pasangan suami istri berkonflik karena tidak adanya kesepahaman dalam hal kesetaraan gender.

Misalnya adanya pemahaman bahwa hal-hal yang sifatnya domestik merupakan tugas perempuan sedangkan laki-laki hanya bertanggung jawab mencari nafkah.

Padahal, seiring perkembangan zaman saat ini tidak sedikit istri yang ikut bekerja sehingga suami pun juga dapat ikut membantu istri dalam urusan domestik, termasuk dalam hal memasak.

Mira Buanawati, Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG mengatakan bahwa penting untuk mendidik dan mendorong generasi muda memiliki pemahaman tentang kesetaraan gender. Sebab hal tersebut dapat menjadi salah satu modal besar saat membangun keluarga di masa depan.

Untuk meneruskan semangat kesetaraan gender, Kecap ABC meluncurkan program Koki Muda Sejati 2020 yang merupakan lanjutan perjalanan Kecap ABC menyebarkan pemahaman kesetaraan gender kepada generasi muda. Meski sedang menghadapi pandemi, komitmen Heinz ABC untuk mendidik generasi muda terus hadir.

"Program Koki Muda Sejati 2020 ini akan menggunakan metode daring, yang bekerja sama dengan platform daring, Ruang Guru, melalui artikel yang mengajarkan tentang pemahaman kesetaraan gender," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Rabu (26/8/2020).

Kampanye ini juga untuk menunjukkan kontribusi Heinz ABC bagi Indonesia. dalam memberikan tujuan baik bagi generasi muda. “Heinz ABC menggagas gerakan ini untuk mengubah persepsi masyarakat dan membangun perilaku yang lebih baik di kalangan anak muda," tuturnya.

Pada tahun 2018, Kecap ABC telah meluncurkan program Suami Sejati Masak dan juga wadah online untuk para suami, yakni website www.akademisuamisejati.com, dengan berbagai kegiatan yang mendukung para suami untuk menjadi mitra sejajar di dapur. Di tahun berikutnya, Koki Muda Sejati digelar untuk melanjutkan semangat kesetaraan gender yang bisa dimulai sedini mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper