Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menanamkan Pentingnya Kesetaraan Gender Sejak Dini

Memasak di dapur, tidak hanya menjadi pekerjaan perempuan, pria juga bisa melakukannya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  23:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesetaraan gender menjadi salah satu isu yang cukup krusial di dalam kehidupan masyarakat, tak terkecuali dalam rumah tangga. Sebab, sering kali pasangan suami istri berkonflik karena tidak adanya kesepahaman dalam hal kesetaraan gender.

Misalnya adanya pemahaman bahwa hal-hal yang sifatnya domestik merupakan tugas perempuan sedangkan laki-laki hanya bertanggung jawab mencari nafkah.

Padahal, seiring perkembangan zaman saat ini tidak sedikit istri yang ikut bekerja sehingga suami pun juga dapat ikut membantu istri dalam urusan domestik, termasuk dalam hal memasak.

Mira Buanawati, Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG mengatakan bahwa penting untuk mendidik dan mendorong generasi muda memiliki pemahaman tentang kesetaraan gender. Sebab hal tersebut dapat menjadi salah satu modal besar saat membangun keluarga di masa depan.

Untuk meneruskan semangat kesetaraan gender, Kecap ABC meluncurkan program Koki Muda Sejati 2020 yang merupakan lanjutan perjalanan Kecap ABC menyebarkan pemahaman kesetaraan gender kepada generasi muda. Meski sedang menghadapi pandemi, komitmen Heinz ABC untuk mendidik generasi muda terus hadir.

"Program Koki Muda Sejati 2020 ini akan menggunakan metode daring, yang bekerja sama dengan platform daring, Ruang Guru, melalui artikel yang mengajarkan tentang pemahaman kesetaraan gender," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Rabu (26/8/2020).

Kampanye ini juga untuk menunjukkan kontribusi Heinz ABC bagi Indonesia. dalam memberikan tujuan baik bagi generasi muda. “Heinz ABC menggagas gerakan ini untuk mengubah persepsi masyarakat dan membangun perilaku yang lebih baik di kalangan anak muda," tuturnya.

Pada tahun 2018, Kecap ABC telah meluncurkan program Suami Sejati Masak dan juga wadah online untuk para suami, yakni website www.akademisuamisejati.com, dengan berbagai kegiatan yang mendukung para suami untuk menjadi mitra sejajar di dapur. Di tahun berikutnya, Koki Muda Sejati digelar untuk melanjutkan semangat kesetaraan gender yang bisa dimulai sedini mungkin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perempuan gender
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top