Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan Brompton, Jokowi Gowes Sepeda Bergambar Soekarno-Hatta

Satu di antara sepeda yang tren saat ini adalah sepeda lipat Brompton. Sepeda lipat asal Inggris ini kerap meluncur di jalan raya di Ibu Kota
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  08:40 WIB
Presiden Joko Widodo bersepeda untuk menjaga kebugaran. - Instagram @jokowi
Presiden Joko Widodo bersepeda untuk menjaga kebugaran. - Instagram @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA – Naik sepeda kini menjadi tren di tengah masyarakat. Tua-muda, kaya-miskin kini ramai-ramai gowes sepeda.

Tren ini membuat sepeda naik daun. Bukan hanya sepeda ontel, beragam sepeda dengan harga yang berbeda, digunakan warga.

Satu di antara sepeda yang tren saat ini adalah sepeda lipat Brompton. Sepeda lipat asal Inggris ini kerap meluncur di jalan raya di Ibu Kota.

Namun, harga dari sepeda Brompton ini tidak murah. Dikutip dari Bukalapak, sepeda Brompton S2R Rp54 juta, Brompton M2L Black Titan Rp65 juta, Brompton S2E Rp75,5 juta.

Jika Brompton lagi naik daun, maka Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga terimbas tren sepeda lipat. Hanya saja, dia menggunakan sepeda lipat buatan Indonesia.

Dipantau dari akun Instagram @jokowi, Presiden sudah dua kali memamerkan sepeda lipatnya. Kemarin, Minggu (13/8/2020), Jokowi mengendarai sepeda lipat buatan Indonesia yang khusus dirancang untuk HUT Ke-75 Kemerdekaan RI.

Jokowi dan putranya Kaesang Pangarep berkeliling kawasan Istana Kepresidenan Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Mereka bersepeda selama 40 menit sambil membagikan masker untuk warga yang sedang berolahraga, seraya mengingatkan untuk selalu taat pada protokol kesehatan.

“Oh ya, sepeda lipat yang saya pakai ini masih baru, buatan dalam negeri, dan dirancang khusus menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Di dua sisi rangkanya terdapat gambar Proklamator, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, juga tulisan 1945,” tulis Jokowi.

Sehari sebelum HUT Proklamasi 17 Agustus 2020, Jokowi juga memamerkan 3 sepeda lipat buatan Indonesia, yakni Kreuz,Polygon,Element. Semuanya buatan Indonesia.

“Hidup sehat dan berolahraga di era pandemi sangat penting, agar imunitas tubuh terjaga. Saya rutin bersepeda untuk menjaga kebugaran."

Presiden menggunakan sepeda merk Kreuz berwarna merah putih. Pada foto kedua Presiden menunjukkan sepeda merk Polygon dengan warna merah, biru, ungu. Dan ketiga, Jokowi menunjukkan sepeda merk element berwarna putih.

Sepeda merk Kreuz disebut-sebut sebagai “Brompton” Indonesia. Sepeda buatan Bandung, Jawa Barat ini terlihat mirip dengan Brompton.

Soal harga, sepeda Kreuz berksiar Rp3,5 juta hingga Rp8 juta, tergantung komponen yang akan disematkan pada sepeda tersebut. Harga ini di bawah harga Brompton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Brompton Bicycle
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top