Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bangkit dari Covid-19, Pendapatan Alibaba Tumbuh hingga 34 Persen

Pertumbuhan pendapatan ini menandakan bahwa sentimen konsumen China pulih dengan cepat dari pandemi Covid-19.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  19:56 WIB
Alibaba - alibabagroup.com
Alibaba - alibabagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pendapatan Alibaba Group Holding Ltd. pada kuartal II/ 2020 tumbuh 34 persen, lebih baik dari yang diharapkan.

Pertumbuhan pendapatan ini menandakan bahwa sentimen konsumen China pulih dengan cepat dari pandemi Covid-19.

Perusahaan asal China ini melaporkan penjualan 153,8 miliar yuan atau US$22,2 miliar dan pendapatan bersih 47,6 miliar yuan pada kuartal II/2020.

Ant Group, perusahaan afiliasi Alibaba yang bergerak dalam bidang keuangan mencetak pertumbuhan laba hingga enam kali lipat menjadi US$1,3 miliar pada kuartal kedua.

Perolehan ini memperkuat pembukuan perusahaan jelang IPO di Hong Kong dan China. Peforma keuangan Alibaba ini menandakan bahwa pasar online dan jaringan logistik di China yang sempat lumpuh akibat lockdown telah kembali pulih.

Raksasa e-commerce ini diuntungkan dari peningkatan bertahap dalam belanja konsumen di China, yang ekonominya termasuk yang pertama pulih dari pandemi secara global.

Alibaba dan saingan dekatnya JD.com Inc. mengumpulkan rekor penjualan selama acara belanja bulan Juni tahun ini, setelah keduanya menggelar diskon besar-besaran untuk memikat pembeli yang telah menunda pembelian selama lockdown nasional.

Pada saat yang sama, Alibaba perlu bekerja keras untuk meredam persaingan yang berkembang dari perusahaan-perusahaan seperti JD, Tencent Holdings Ltd., dan ByteDance Ltd. di seluruh bisnis yang mencakup ritel online hingga pengiriman makanan dan komputasi awan.

"Hasil [laporan keuangan] memvalidasi teori yang mengatakan bahwa Alibaba akan bangkit lebih kuat dari sebelumnya," kata Analis Bloomberg Intelligence Vey-Sern Ling.

Setelah disrupsi operasional pada kuartal pertama selesai, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari akselerasi peralihan konsumen dan toko ke kanal digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendapatan alibaba covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top