Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PM India Narendra Modi Mulai Bangun Kuil di Area Eks Masjid

Pemerintah India pada Rabu (5/8/2020) memulai pembangunan kuil di lahan eks masjid si situs Ayodhya.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  15:27 WIB
Seorang petugas berjaga di situs Ayodhya, di area eks masjid yang dihancurkan massa pada 1992. Di lokasi itu akan dibangun kuil Hindu dan peletakan fondasinya dimulai pada Rabu (5/8/2020). - France24
Seorang petugas berjaga di situs Ayodhya, di area eks masjid yang dihancurkan massa pada 1992. Di lokasi itu akan dibangun kuil Hindu dan peletakan fondasinya dimulai pada Rabu (5/8/2020). - France24

Bisnis.com, JAKARTA – Perdana Menteri India Narendra Modi Rabu (5/8/2020) ini meletakkan fondasi untuk pembangunan kuil di situs Ayodhya tepat setahun setelah menerapkan pemerintahan langsung pada Kashmir yang mayoritas muslim.

Dengan demikian, pembangtunan kuil di atas lahan eks masjid ini merupakan kemenangan bagi pemerintah nasionalis Hindu-nya setelah menguasai sepenuhnya Kashmir.

Situs Ayodhya, yang berlokasi di Uttar Pradesh, dan Kashmir menjadi dua masalah komunal yang paling memecah belah India selama 30 tahun terakhir, dan Modi berusaha untuk menarik garis batas yang makin tegas di bawah masa pemerintahan keduanya.

Bagi pendukungnya, langkah ini mengonfirmasi Modi sebagai pemimpin yang menentukan, visioner, dan paling penting di India dalam beberapa dekade.

Sebaliknya, para kritikus melihat langkah itu sebagai upaya membentuk kembali negara tersebut sebagai negara Hindu, dengan mengorbankan 200 juta muslim India, dan membawanya ke arah yang otoriter.

"Modi tentu saja menjadi pemimpin paling transformatif India dalam ingatan baru-baru ini. Ini membuatnya sangat populer, tetapi juga sangat kontroversial dan cukup memecah belah," kata Micheal Kugelman dari Wilson Center kepada AFP yang dolkutip France24.

Kota suci Ayodhya di India utara telah lama menjadi garis patahan dalam perpecahan agama India, dan memicu beberapa kekerasan sektarian yang paling buruk.

Umat Hindu yang taat percaya bahwa Lord Ram, dewa pejuang, lahir di sana sekitar 7.000 tahun lalu, tetapi kemudian masjid dibangun di atas tempat kelahirannya itu pada abad ke-16.

Pada 1980-an, gerakan Hindu mulai membuat agitasi agar masjid dihilangkan dan pada 1992 massa menghancurkannya dengan sekop, kapak, dan tangan kosong. Ini memicu kerusuhan agama yang menewaskan 2.000 orang, kebanyakan muslim.

Pertempuran hukum yang panjang terjadi, tetapi pada November, dalam kemenangan besar bagi Bharatiya Janata Party, partai Modhi, pengadilan tinggi India memberikan situs tersebut kepada umat Hindu, memungkinkan sebuah kuil "menyentuh langit" untuk dibangun.

"Ini pencapaian besar bagi Modi. Dia akan membuat posisinya secara permanen dalam sejarah semata-mata pada kekuatan candi ini," kata penulis biografi Nilanjan Mukhopadhyay.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india hindu

Sumber : France24

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top