Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dunia Catat 5 Pandemi, Durasi Terpanjang Mencapai 43 Tahun

Dilihat dari total korban jiwa, Spanish Flu atau nenek moyang Covid-19 adalah wabah yang paling banyak merenggut korban jiwa.
Pasien virus corona/Antara
Pasien virus corona/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat dunia telah mengalami lima pandemi sejak 1334 hingga sebelum munculnya virus Corona (Covid-19). The Modern Plague menjadi wabah dengan periode terpanjang, yakni 43 tahun.

Namun, apabila dilihat dari total korban jiwa, Spanish Flu atau nenek moyang Covid-19 adalah yang paling banyak merenggut korban jiwa. Padahal virus dengan nama H1N1 Influenza A ini hanya berlangsung selama 1 tahun.

“Dan dari sejarah pandemi global tercatat lama waktu wabah berlansgung bervariasi tergantung dengan jenis sumber wabah,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (4/8/2020).

Adapun, pandemi pertama adalah Black Death yang melanda Eropa pada tahun 1334 - 1350 atau selama 16 tahun. Wabah yang disebabkan oleh bubonic plague yang berasal dari hewan ini mencatat angka kematian sebanyak 30 - 50 juta orang.

Selanjutnya dunia mencatat The Modern Plague yang juga disebabkan oleh bubonic plague. Pandemi ini terjadi pada 1860 - 1903 dan menelan korban jiwa sebanyak 10 juta orang.

Setelahnya, dunia diserang oleh pandemi Russian Flu. Virus ini berlangsung selama 1 tahun atau pada 1889 - 1890 dengan angka kematian 1 juta orang.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pandemi dengan angka kematian tertinggi atau Spanish Flu terjadi pada 1918 - 1919. Selama 1 tahun, virus ini menelan korban jiwa sebanyak 50 - 100 juta orang.

Wabah selanjutnya yang disebut Asian Flu dan Hong Kong Flu juga terjadi dalam kurung waktu 1 - 2 tahun. Apabila ditotal, angka kematian dua pandemi ini sebanyak 3 juta orang.

Wiku menjelaskan bahwa Covid-19 belum dapat diperkirakan kapan akan berakhir. Namun, hal ini sangat tergantung dengan kesadaran dari masyarakat.

“Jangan tanya kapan pandemi akan berakhir, tapi tanya ke diri kita kapan bisa disiplin pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Kami yakin indonesia bisa,” kata Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper