Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Bulan Nihil Kasus, Vietnam Umumkan 2 Kasus Baru Covid-19

Dua pasien dalam kasus baru ini sama-sama pria berusia paruh baya. Vietnam pun memperketat pencegahan masuknya warga asing.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 26 Juli 2020  |  14:51 WIB
Papan iklan besar berisi pemberitahuan tentang virus corona terpampang di jalanan Hanoi, Vietnam, Jumat (29/5/2020). - Bloomberg/Maika Elan
Papan iklan besar berisi pemberitahuan tentang virus corona terpampang di jalanan Hanoi, Vietnam, Jumat (29/5/2020). - Bloomberg/Maika Elan

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah 3 bulan sukses mencatatkan nihilnya kasus Covid-19, Vietnam melaporkan dua kasus baru pada pekan ini.

Pada Minggu (26/7/2020), pejabat Vietnam menyampaikan seorang pria berusia 61 tahun positif Covid-19. Ini menjadi kasus kedua setelah sehari sebelumnya, seorang pria berusia 57 tahun dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Keduanya berada di Kota Danang sekitar sebulan dan sama sekali tidak bepergian ke provinsi lain.

Pria pertama bahkan hanya berinteraksi dengan anggota keluarga dan tetangganya. Seperti dilaporkan Bloomberg, dia pergi ke rumah sakit karena demam dan batuk pada Senin (20/7).

Sementara itu, pria kedua yang lebih tua memeriksakan diri ke rumah sakit pada Sabtu (18/7). Tidak diketahui apakah dia berinteraksi dengan pasien pertama.

Dua kasus baru transmisi lokal sejak 16 April ini, membuat pemerintah setempat meminta warga untuk mematuhi kebijakan pembatasan sosial dan tidak berkumpul di tempat publik lebih dari 30 orang, kecuali di kantor, sekolah, atau rumah sakit. Acara festival, kegiatan keagamaan, dan operasional salon, bar, tempat pijat, serta aula dansa pun diberhentikan untuk sementara.

Per hari ini, Danang juga bakal melarang turis untuk masuk ke kota itu selama 14 hari. Hal ini sejalan dengan instruksi Perdana Menteri (PM) Vietnam Nguyen Xuan Phuc yang memerintahkan otoritas imigrasi dan perbatasan memperketat pencegahan masuknya warga asing secara ilegal.

Mengacu ke data Johns Hopkins University, Minggu (26/7), jumlah kasus Covid-19 di Vietnam tercatat sebanyak 418 dan 0 kematian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vietnam Virus Corona
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top