Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dukung Pembentukan Komite Penanganan Covid-19, Begini Alasan PKB

Presiden Jokowi resmi membentuk Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional dengan Perpres No. 82/2020.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  18:45 WIB
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy menilai langkah Presiden Joko Widodo membentuk Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional merupakan langkah tepat di tengah ketidakpastian saat ini.

Menurutnya, sense of crisis dalam menghadapi ketidakpastian keadaan pada bulan-bulan mendatang sangat dibutuhkan karena selain ada wabah Covid-19 yang belum tentu kapan akan berakhir, situasi ekonomi dunia juga tidak menentu.

“Seluruh negara meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan munculnya pandemi jilid II dan hampir semua negara mengalami negatif growth, bahkan banyak yang negatif growth-nya dua digit,” katanya, Selasa (21/7/2020).

Dewan Pakar Indonesia Maju Institute ini menilai kesehatan dan ekonomi menjadi dua persoalan besar yang dihadapi seluruh negara di dunia saat ini. Hal yang sama, jelas dia, tengah dihadapi Indonesia.

Oleh karena itu, menurutnya, langkah Presiden Jokowi membentuk tim Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Corona merupakan langkah konkret.

"Intinya Jokowi ingin, apa yang beliau ucapkan minggu-minggu terakhir ini, juga di eksekusi. Beliau tidak ingin hanya didengar tapi tidak dilaksanakan. Beliau ingin langkah cepat yang dilandasi sense of crisis yang kuat," katanya.

Ihwal mengapa Jokowi memilih Menteri BUMN mengomandani Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Lukman menilai, selain punya kewenangan yang cukup, Erick Tohir juga sosok yang bertidak cepat dan menghadapi krisis sekarang ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi membentuk Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Pembentukannya tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 82/2020.

“Dalam PP tersebut Presiden memberi tugas kepada komite kebijakan dan di situ ada satu tim untuk mengendalikan terkait dengan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pkb Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top