Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Covid-19 di Secapa AD, 472 Orang Dinyatakan Negatif

Berdsarkan dua kali tes swab, jumlah pasien negatif Covid-19 di Secapa AD, Bandung, bertambah menjadi 472 orang. 
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  12:15 WIB
Ilustrasi-Salah satu kegiatan di Secapa TNI AD - tniad.mil.id
Ilustrasi-Salah satu kegiatan di Secapa TNI AD - tniad.mil.id

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pasien negatif Covid-19 di Secapa AD, Bandung, terus bertambah. Hari ini tercatat empat orang yang dinyatakan negatif, sehingga total pasien negatif mencapai 472 orang. 

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Nefra Firdaus menyebutkan empat pasien Covid-19 di Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) dinyatakan negatif pada Selasa (21/7/2020) pagi.

"Hasil Lab PCR dari swab kedua pasien di Secapa AD sampai dengan pagi ini, ada empat pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Nefra dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hingga saat ini, kata Nefra, ada 472 pasien Covid-19 di Secapa AD yang telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes swab kedua.

"Dari total 1.308 pasien Covid-19 sana, tinggal 836 orang yang masih positif," ujar Nefra.

Mefra mengatakan dari 836 pasien positif Covid-19 di Secapa AD tersebut, 12 pasien masih dirawat di RS TNI AD Dustira, Bandung. Sementara itu 824 orang lainnya berada di Secapa AD (isolasi) tanpa keluhan apa pun.

Sebelumnya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan kasus klaster baru penyebaran Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) bermula dari ketidaksengajaan.

Awalnya ada dua orang siswa calon perwira yang berobat ke Rumah Sakit Dustira TNI AD di Cimahi. Dari kunjungan ke rumah sakit itu, mereka berdua mengikuti tes pemeriksaan Covid-19.

"Yang satu keluhan karena bisul, berarti demam karena adanya infeksi dan satu lagi masalah tulang belakang. Tapi ternyata mereka dilakukan swab test dan positif," kata Andika di Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu.

Atas dasar dua siswa yang positif itu, Andika memerintahkan terhadap seluruh siswa dan staf yang ada di Secapa AD dilakukan rapid test. Hasilnya 187 orang di lembaga pendidikan militer itu dinyatakan reaktif.

Untuk lebih meyakinkan, tes usap Covid-19 juga dilakukan terhadap seluruh siswa maupun staf Secapa.

Berdasarkan tes usap yang ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction, kata Andika, ditemukan sekitar 1.200 personel TNI di Secapa yang dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Saat itu, ada 1.280 personel dinyatakan positif Covid-19 di Secapa AD. Sebanyak 991 personel merupakan siswa dan 289 staf Secapa beserta anggota keluarganya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

covid-19 Secapa TNI AD

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top