Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SoftBank Diam-Diam Kembali Lepas Sebagian Sahamnya di Alibaba

SoftBank kembali melepas sahamnya di Alibaba senilai US$2,2 miliar, yang membuat total saham yang telah mereka lepas tahun ini menjadi US$13,7 miliar.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  17:42 WIB
CEO Softbank Group Corp. Masayoshi Son memberi salam dalam konferensi pers di Tokyo, Jepang, Rabu (12/2/2020). - Bloomberg/Kiyoshi Ota
CEO Softbank Group Corp. Masayoshi Son memberi salam dalam konferensi pers di Tokyo, Jepang, Rabu (12/2/2020). - Bloomberg/Kiyoshi Ota

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan konglomerasi SoftBank Group diam-diam melepas sebagian kepemilikan sahamnya di perusahaan China Alibaba Group Holding Ltd. Menurut laporan Bloomberg Jumat (17/7/2020), total saham yang dilepas SoftBank senilai US$2,2 miliar.

Pelepasan ini merupakan salah satu upaya SoftBank menghimpun dana segar untuk melunasi utangnya dan memperbesar kepemilikan di perusahaan mereka sendiri. Transaksi penjualan saham tersebut tercantum dalam halaman 276 laporan tahunan SoftBank yang dirilis pada 25 Juni 2020 lalu.

Sebelumnya, pada awal tahun ini SoftBank juga telah menjual sebagian sahamnya di Alibaba senilai US$ 11,5 miliar. Artinya, bila ditotal sepanjang tahun ini sudah ada US$ 13,7 miliar saham yang dilepas SoftBank.

Dengan langkah ini semakin menggeser peta relasi antara SofBank dan Alibaba yang sudah terjalin selama dua dekade ke belakang. Sebagai catatan, pendiri SoftBank Masayoshi Son adalah salah satu investor awal Alibaba saat perusahaan itu didirikan oleh Jack Ma ada awal 2000.

Total investasi yang saat itu ditanamkan Son berada di kisaran US$ 20 juta. Saat ini, nilai tersebut telah berlipat-lipat jauh menjadi sekitar US$ 150 miliar.

Langkah ini juga merupakan indikasi bahwa bisa jadi orientasi berbeda bakal ditempuh kedua pihak. Baik Son maupun Jack Ma telah mengundurkan diri dari posisi di perusahaan masing-masing bulan lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masayoshi son softbank alibaba jack ma

Sumber : Bloomberg

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top