Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bamusi PDIP: Ada yang Mainkan Isu Agama untuk Pecah Belah Bangsa

Soal ketuhanan disinyalir saat ini dijadikan alat untuk memecah belah oleh pihak tertentu.
Bung Karno dalam salah satu pernyataannya menyebutkan Bangsa Indonesia bukan saja bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya bertuhan dengan Tuhannya sendiri./Antara
Bung Karno dalam salah satu pernyataannya menyebutkan Bangsa Indonesia bukan saja bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya bertuhan dengan Tuhannya sendiri./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Baitul Muslimin Indonesia Zuhairi Misrawi menyatakan ada kesalahpahaman yang sedang terjadi dengan konsep Ketuhanan yang Berkebudayaan.

Sementara pihak menuding hal itu sebagai niat untuk menghapus sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pancasila.

Ironisnya, soal ketuhanan itu justru dijadikan alat untuk memecah belah oleh pihak tertentu, ujar Ketua Bamusi ini.

"Ada pihak-pihak yang secara sengaja hendak menggunakan agama sebagai alat politik yang memecah belah dengan cara mengembuskan fitnah dan provokasi yang tidak bertanggungjawab. Ini tentunya sangat disayangkan, karena sangat jauh dari esensi Ketuhanan Yang Mah Esa," kata ketua organisasi yang bernaung di bawah PDI Perjuangan tersebut.

Hal itu disampaikan Zuhairi sekaligus menanggapi masifnya pernyataan sejumlah pihak di media massa maupun media sosial belakangan ini.

Menurut Zuhairi mereka berupaya secara sistematis, masif, dan terstruktur menyebarluaskan informasi yang menyesatkan dan menebarkan fitnah terhadap khazanah pemikiran Bung Karno.

"Mereka ingin mengaburkan pemikiran dan jasa Bung Karno dalam menggali Pancasila. Padahal Bung Karno dalam Pidato Pancasila 1 Juni 1945 menegaskan pentingnya Ketuhanan Yang Maha Esa," kata Zuhairi, Rabu (8/7/2020).

Untuk memahami Ketuhanan yang Berkebudayaan, Zuhairi menjelaskan bahwa Bung Karno menyatakan hal berikut. "Bangsa Indonesia bukan saja bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya bertuhan dengan Tuhannya sendiri."

Dalam konteks tesebut, Bung Karno menjelaskan bahwa mereka Muslim bertuhan menurut petunjuk Nabi Muhammad SAW, yang beragama Kristen menyembah Tuhan menurut petunjuk Isa al-Masih. Demikian juga mereka yang beragama Budha menjalankan ibadatnya menurut kitab-kitab yang ada pada mereka, begitu pula dengan agama-agama yang lain.

“Marilah kita semuanya bertuhan. Hendaknya negara Indonesia adalah negara yang tiap-tiap orangnya dapat menyembah Tuhannya dengan cara yang leluasa,” kata Zuhairi mengutip pernyataan Sang Proklamator.

Dengan pernyataan itu, ujar Zuhairi, Bung Karno hendak menegaskan bahwa Indonesia bukan negara sekuler dan tidak akan pernah menjadi negara sekuler. Karena, lanjut Zuhairi, dengan Ketuhanan Yang Maha Esa, hakikatnya setiap warga bertuhan.

"Karena bertuhan, kita sejatinya mempunyai budi pekerti yang luhur, saling menghormati, saling menghargai, tidak egois, dan tidak pula fanatik. Cara bertuhan yang seperti itu, menurut Bung Karno disebut ketuhanan yang berkebudayaan," tegas Zuhairi, yang akrab disapa Gus Mis.

Dalam konteks itu pula, lanjut budayawan Nahdatul Ulama (NU) itu, umat Islam harus menjadi penggerak kemajuan dengan terus membangun harmoni di antara sesama, menumbuhkan cinta Tanah Air,dan mengejar ketertinggalan dengan cara mengembangkan ilmu pengetahuan.

Apa yang ditunjukkan oleh NU dan Muhammadiyah dalam mendorong harmoni, memperkuat solidaritas kebangsaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan selaras dengan cita-cita dan mimpi Bung Karno, kata Gus Mis.

Zuhairi menyayangkan jika belakangan ini ekspresi keagamaan di ruang publik hanya dijadikan sebagai instrumen politik yang memecah belah tali kebangsaan yang selama itu solid dan kukuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper