Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Corona 4 Juli: 6 Provinsi Nihil Kasus Baru, Aceh Gantikan Sulteng

Hari ini, enam provinsi melaporkan tidak ada penambahan kasus baru Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur. Sulawesi Tengah tidak tercatat dalam kelompok ini.
Petugas dari Dinkes Surabaya melakukan pemeriksaan cepat COVID-19 terhadap warga di Pasar Keputran, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020)./Antara
Petugas dari Dinkes Surabaya melakukan pemeriksaan cepat COVID-19 terhadap warga di Pasar Keputran, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 6 provinsi di Indonesia melaporkan tidak ada penambahan kasus positif baru Covid-19 pada hari ini.

Enam provinsi tersebut adalah Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur.

Berbeda dengan kemarin, Sulawesi Tengah hari ini tidak termasuk dalam daftar provinsi tanpa kasus baru. Justru Aceh yang masuk ke dalam daftar.

Hari ini Sulawesi Tengah tercatat melaporkan 5 kasus baru, 2 kasus sembuh dan 1 kasus meninggal.

Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto memaparkan hingga 4 Juli 2020, telah diperiksa 22.992 spesimen dari seluruh laboratorium jejaring di 34 provinsi.

Dari hasil tersebut dilaporkan bahwa Provinsi Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur melaporkan nihil kasus baru Covid-19.

"Secara total saat ini 453 Kabupaten dan Kota yang dilaporkan terdampak di 34 provinsi, artinya kita temukan kasus di beberapa daerah. Tidak seluruhnya kasus baru, ini juga ada kasus lama karena ada beberapa provinsi tidak ditemukan kasus baru," kata Yuri, Sabtu (4/7/2020).

Hari ini, Gugus Tugas mencatat penambahan kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bertambah 1.447 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 62142 kasus.

Sementara itu, jumlah pasien sembuh bertambah 651 orang, sehingga totalnya menjadi 28.219 orang.

Di sisi lain, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 53 orang, menjadi 3.089 orang.

Sehari sebelumnya, Gugus Tugas mencatat sebanyak 10 provinsi melaporkan kasus positif Covid-19 di bawah 10 orang dan 6 provinsi di antaranya nihil penambahan kasus positif.

Adapun, 10 provinsi yang melaporkan penambahan kasus positif di bawah 10 orang adalah Maluku dengan penambahan 7 orang pasien positif, Bengkulu 6 orang, Papua Barat dan Gorontalo masing-masing 5 orang, Yogyakarta dan Riau masing-masing 4 orang, Kepulauan Riau 3, Bangka Belitung 2, Aceh dan Sulawesi Barat masing-masing 1 orang.

Sementara itu, provinsi yang tidak melaporkan penambahan kasus baru Covid-19 adalah Kalimantan Barat, Jambi, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan terdapat 9 provinsi yang mencatatkan penambahan kasus sembuh lebih banyak dari penambahan kasus positif.

Perinciannya, DKI Jakarta melaporkan penambahan kasus positif sebanyak 140 dan 238 orang dinyatakan sembuh, Nusa Tenggara Barat melaporkan 23 kasus positif dan 25 sembuh, Banten 21 positif dan 52 sembuh, Maluku 7 positif dan 9 sembuh, Riau 4 positif dan 12 sembuh, Kepulauan Riau 3 positif dan 4 sembuh.

Sisanya, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah tidak mencatatkan penambahan kasus positif tetapi ada beberapa orang dinyatakan sembuh.

Lebih lanjut, Yuri menyatakan jumlah spesimen yang diperiksa pada Jumat mencapai 22.281 spesimen per hari. Realisasi itu meningkat jika dibandingkan hari sebelumnya, Kamis (2/7/2020), yaitu 23.519 spesimen per hari.

Realisasi itu juga melampaui target yang ditetapkan pemerintah yaitu 20.000 spesimen per hari.

"Dari spesimen yang diperiksa, didapatkan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.301 kasus sehingga totalnya menjadi 60.695 kasus," kata Yuri dalam konferensi pers, Jumat (3/7/2020).

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh bertambah 901 orang, sehingga totalnya menjadi 27.568 orang. Di sisi lain, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 49 orang, menjadi 3.036 orang.

Yuri mengungkapkan bahwa seluruh provinsi telah terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19, sedangkan jumlah kabupaten/kota yang terdampak totalnya mencapai 453 kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper