Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Covid-19, Mendikbud: Saatnya Manfaatkan Teknologi dengan Optimal

Mendikbud menyatakan pembelajaran jarak jauh menjadi sebuah keniscayaan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  17:38 WIB
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 akan mendorong perubahan struktural sehingga mempengaruhi peta dan sistem pendidikan Indonesia di masa mendatang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan bahwa pembelajaran jarak jauh menjadi sebuah keniscayaan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi di dalamnya dengan lebih optimal.

"Jadi kesempatan kita untuk melakukan berbagai macam efisiensi dengan teknologi dan juga memberi kesempatan bagi guru, kepala sekolah, dan murid untuk melakukan berbagai hybrid model itu potensinya sangat besar," kata Nadiem dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR RI, Kamis (2/7/2020).

Lebih lanjut, dia menyatakan saat ini ada banyak institusi yang mendapat tekanan finansial, tidak terkecuali institusi pendidikan.

Oleh sebab itu, perubahan permanan akan terjadi di dunia kerja yakni kemampuan bekerja secara mandiri, kolaborasi, dan literasi secara digital.

"Ini akan berdampak pada bagaimana kita mempersiapkan generasi berikutnya," katanya.

Dengan perubahan stabilitas di dunia kerja yang juga berorientasi mengembangkan sektor kewirausahaan. Dia menyatakan para murid nantinya akan tertantang untuk mencari penghasilan secara mandiri melalui berwirausaha setelah menyelesaikan pendidikannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan bahwa pihaknya masih terus menggodok formula penyederhanaan kurikulum pendidikan jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan Nadiem Makarim covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top