Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Sekolah dalam Pandemi, Kemendikbud Ingatkan Berbagi dan Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan webinar sebagai panduan bagi guru beradaptasi dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Jelang masuk sekolah tahun ajaran baru 2020/2021 yang dimulai 13 Juli mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Seri Webinar Guru Belajar Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi.

Webinar adalah kependekan dari web seminar atau seminar yang diselenggarakan secara daring. Dalam webinar kali ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memanfaatkan kanal Youtube melalu chanel Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Iwan Syahrir mengharapkan melalui rangkaian seminar online ini dapat menjadi arena menghimpun energi positif dengan tetap berdaya dan memberdayakan sesama pendidik di tengah pandemi Covid-19.

“Kata kuncinya adalah berbagi dan belajar. Dua kata ini saling berkaitan erat dengan nilai luhur bangsa yaitu gotong royong,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Iwan Syahrir melalui keterangan tertulis, Selasa (30/6/2020).

Iwan menjelaskan jika konsep berbagi tersebut sejalan dengan Merdeka Belajar yang diterapkan di masa sekarang dan terakselerasi.

“Fokus GTK adalah menciptakan sekolah sebagai tempat terjadinya inovasi, berbasis kepada murid, serta dapat mencapai pembelajaran yang baik untuk mewujudkan profil Pelajar pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, kreatif, berkebhinekaan global, gotong royong, serta kritis,” ujar Iwan.

Sekolah diharapkan dapat menghasilkan pembelajaran yang holistik dengan menggabungkan antara pengetahuan, sisi afektif, kemauan, serta fisik yang tumbuh, dan berkembang secara utuh bersama-sama.

Iwan berharap, webinar ini merupakan upaya terbaik yang membawa banyak kebaikan dan keberkahan untuk seluruh masyarakat di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Karena selama satu bulan, tenaga pendidik di Tanah Air akan belajar bersama, dan berbagi tantangan agar bisa dihadapi bersama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Devi Sri Mulyani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper