Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Kasus Covid-19 Masih Naik, Ini 5 Provinsi dengan Peningkatan Terbanyak

Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 melaporkan masih adanya tren kenaikan kasus positif Covid-19 di sejumlah provinsi.
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 melaporkan masih adanya tren kenaikan kasus positif Covid-19 di sejumlah provinsi.

Dari 34 provinsi serta 414 kabupaten/kota yang terdampak Covid-19, sebagian wilayah mulai menunjukkan penurunan jumlah kasus bahkan ada yang tidak mengalami kenaikan kasus positif. Sayangnya, masih ada daerah yang mengalami kenaikan kasus baru yang cukup signifikan.  

“Kasus ini tidak merata di 34 provinsi. Ada lima provinsi yang terbanyak peningkatannya,” kata Yuri saat memberi keterangan pers virtual di Graha Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Jumat (29/5/2020).

Kelima provinsi itu, lanjut Yuri, meliputi DKI Jakarta dengan jumlah penambahan 125 kasus per hari ini, Jawa Timur (101 kasus), Kalimantan Selatan sebanyak (74 kasus), Papua (56 kasus), dan Sulawesi Selatan (41 kasus).

“Kita lihat DKI naik cukup tinggi 125 kasus. Namun ini bukan seluruhnya ada pada wilayah administrasi DKI. Karena pekerja migran Indonesia yang kembali ke tanah air melalui Bandara Soekarno-Hatta seluruhnya kita skrining dan lakukan tes PCR dan banyak dari mereka yang positif,” ujarnya.

Ihwal peningkatan kasus di Provinsi Jawa Timur, Yuri menjelaskan, angka itu sebenarnya ada penurunan dibandingkan dengan jumlah penambahan kasus baru pada hari sebelumnya, Kamis (28/5) yang mencapai 121 kasus.

“Kemudian kasus yang meningkat cukup tinggi juga terjadi di Provinsi NTT, Kalimantan Selatan dan beberapa kasus di Papua,” kata dia.

Sekretaris Jenderal PB PAPDI Eka Ginanjar, membeberkan secara proporsional saat ini presentase pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta bila dibandingkan dengan provinsi lain cenderung menurun.

“Pasien kasus positif kedua setelah DKI Jakarta didominasi oleh provinsi-provinsi lain di Pulau Jawa, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Eka melalui pesan tertulis kepada Bisnis, Jakarta, pada Kamis (7/5/2020).

Bahkan, menurut dia, dalam sepekan terakhir kasus-kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di luar Pulau Jawa menunjukkan kenaikan yang signifikan.

“Pertumbuhan kasus di daerah pada fase peningkatan. Kecepatannya berbeda-beda di setiap wilayah,”ujarnya.

Sementara itu, secara nasional pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, sebanyak 678 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 25.216 kasus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper