Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ditjen Pemasyarakatan Memastikan Rutan Pondok Bambu Bebas Corona

Rutan Pondok Bambu menyelenggarakan rapid test selama 3 hari yaitu pada 9 - 11 Mei 2020.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  13:12 WIB
Rutan Pondok Bambu - Antara
Rutan Pondok Bambu - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM memastikan seluruh narapidana yang menghuni Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur bebas dari virus Corona (Covid-19).

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Apriyanti pada Selasa (26/5/2020).

Rika mengatakan, seluruh petugas dan narapidana di Rutan Pondok Bambu telah menjalani rapid test dan PCR. Salah satu narapidana yang menghuni rutan ini adalah mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

"Semua penghuni, baik petugas maupun warga binaan, di Rutan Pondok Bambu telah ikut rapid test dan hasilnya negatif," ujar Rika.

Rika melanjutkan, apabila ada petugas atau narapidana yang positif virus Corona, mereka langsung dibawa ke tempat pengobatan di luar rutan. Dua lokasi yang menjadi rujukan adalah Rumah Sakit Pengayoman dan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlit.

"Jadi, semua petugas dan narapidana yang ada di Rutan Pondok Bambu saat ini adalah dalam kondisi negatif Covid-19," kata Rika.

Sebelumnya, Rutan Pondok Bambu menyelenggarakan rapid test selama 3 hari yaitu pada 9 - 11 Mei 2020 lalu. Tes tersebut diselenggarakan bagi 115 orang petugas, 2 orang petugas kantor wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, 309 warga binaan, 2 anak bayi, 9 orang pegawai kejaksaan, dan 12 orang pihak eksternal.

Dari tes tersebut terdapat 2 orang petugas dan 24 orang narapidana dengan hasil tes yang reaktif. Hingga saat ini sebanyak 12 napi reaktif telah menjalani tes PCR dan dikarantina di Rumah Sakit Pengayoman.

Sementara itu, dua petugas menjalani isolasi mandiri di rumah dan diperintahkan melapor ke puskesmas atau rumah sakit rujukan Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rutan kemenkumham Virus Corona siti fadilah supari
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top