Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Akan Dilakukan Penyesuaian

Ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) 2020 akan tetap dilakukan pada tahun ini dengan dilakukan sejumlah penyesuaian di tengah pandemi virus corona.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  07:58 WIB
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019). - Antara
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) 2020 untuk penerimaan mahasiswa perguruan tinggi akan tetap dilaksanakan meski di tengah situasi pandemi Covid-19 dengan sejumlah penyesuaian.

Dilansir dari laman media sosial resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Minggu (24/5/2020), beberapa perubahan tersebut diantaranya materi tes yang disederhanakan hanya tes potensi skolastik (TPS) saja, dan akan disesuaikan dengan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil.

Selanjutnya pelaksanaan tes dilakukan dalam 4 sesi setiap hari, kecuali Jumat yakni dengan 2 sesi. Adapun setiap peserta ujian hanya boleh melakukan tes 1 kali.

Sementara itu, untuk pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilakukan secara bersamaan.

Ketika melakukan pendaftaran calon peserta ujian akan langsung memilih lokasi tes pusat UTBK, sekaligus langsung memilih perguruan tinggi negeri dan program studinya. Untuk waktu pendaftaran akan berlangsung mulai tanggal 2 Juni hingga 20 Juli 2020.

Nantinya dalam TPS yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Selain itu pada TPS, sebagian soal akan disajikan dalam bahasa inggris. Materi TPS disajikan untuk mengukur kemampuan kognitif para peserta dan dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya perguruan tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

UTBK perguruan tinggi Virus Corona
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top