Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Digoyang Corona, PM Li Tak Tetapkan Pertumbuhan Ekonomi China Tahun Ini

Di tengah ketidakpastian karena pandemi virus corona, Pemerintah China memutuskan tidak menempatkan target numerik untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini.
Perdana Menteri China Li Keqiang/Reuters
Perdana Menteri China Li Keqiang/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah ketidakpastian karena pandemi virus Corona, Pemerintah China memutuskan tidak menempatkan target numerik untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini. Hal itu berdasarkan teks kebijakan tahunan Perdana Menteri Li Keqiang.

"Saya ingin menunjukkan bahwa kami belum menetapkan target spesifik untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini. Ini karena negara kita akan menghadapi beberapa faktor yang sulit diprediksi dalam perkembangannya karena ketidakpastian besar mengenai pandemi Covid-19 dan lingkungan ekonomi dan perdagangan dunia," kata Li, seperti dilansir Bloomberg, Kamis (22/5/2020).

Pergeseran dari kebiasaan untuk menetapkan pertumbuhan ekonomi selama beberapa dekade merupakan bentuk pengakuan bahwa pandemi ini menyebabkan keruntuhan mendalam pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Dengan prospek pertumbuhan yang tergantung juga pada upaya mitra dagang untuk mengendalikan pandemi, pemerintah mengalihkan fokusnya ke lapangan kerja dan menjaga stabilitas.

Li menetapkan target untuk 9 juta lapangan kerja di perkotaan, lebih rendah dari target tahun sebelumnya sekitar 11 juta. Sementara itu, target untuk tingkat pengangguran perkotaan yang disurvei sekitar 6 persen, lebih tinggi dari target 2019.

Adapun target defisit anggaran melebar ke lebih dari 3,6 persen dari PDB, menyiratkan kekurangan yang jauh lebih besar dari target 2019 sebesar 2,8 persen. Pengeluaran lebih besar untuk membangkitkan kembali ekonomi yang terpukul pandemi dan mengendalikan penyebaran virus Corona akan didanai oleh penerbitan utang negara sebesar 1 triliun yuan (US$141 miliar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper