Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

'Pentas di Rumah', Stimulus Bagi Seniman Seni Pertunjukan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar kegiatan Pentas di Rumah. Kegiatan ini tidak hanya memberi ruang bagi para seniman khususnya seni pertunjukan untuk berkayara, tapi juga bagian dari program mitigasi terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  17:45 WIB
Ilustrasi-Teater Sandiwara Delapan SMAN 8 Banjarmasin saat menggelar pementasan sandiwara brrjudul Kampung Burinik Banyu, di Balairungsari Taman Budaya Kalsel, Rabu (19/2)./Antaranews Kalsel - Srianto
Ilustrasi-Teater Sandiwara Delapan SMAN 8 Banjarmasin saat menggelar pementasan sandiwara brrjudul Kampung Burinik Banyu, di Balairungsari Taman Budaya Kalsel, Rabu (19/2)./Antaranews Kalsel - Srianto

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar kegiatan Pentas di Rumah. Kegiatan ini tidak hanya memberi ruang bagi para seniman khususnya seni pertunjukan untuk berkayara, tapi juga bagian dari program mitigasi terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19.

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Josua Simanjuntak mengatakan pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi hampir semua profesi termasuk para pekerja seni khususnya seni pertunjukan.

"Ini adalah masa sulit bagi para seniman yang mengandalkan masyarakat sebagai penikmat seni dalam bentuk pementasan. Area ruang publik yang menjadi sandaran utama ruang berekspresi mereka saat ini ditutup sampai waktu yang belum ditentukan," ujar Josua dalam keterangan resminya, Kamis (14/5/2020).

Karena itulah Direktorat Industri Kreatif Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan menggelar kegiatan Pentas di Rumah untuk membantu meringankan kondisi yang dialami para pelaku seni. Kegiatan ini merupakan stimulus pengganti pekerjaan yang hilang.

"Walaupun kegiatan ini tidak akan bisa menggantikan [pendapatan] seniman sepenuhnya, diharapkan kegiatan ini dapat membantu melewati masa sulit saat pandemi belum berakhir," tambah Josua.

Dalam kegiatan ini, seniman yang ingin ikut bergabung dapat melakukan pendaftaran melalui link https://tinyurl.com/pentasdirumah. Kemudian mengirimkan video berdurasi 3 hingga 5 menit pada tanggal 7 hingga 15 Mei 2020 ke instagram @kemenparekraf.ri dan @pentasdirumah.

"Sebanyak 200 karya terbaik akan diberi apresiasi, yakni 100 karya tunggal sebesar Rp500 ribu per karya dan 100 karya grup akan mendapat apresiasi sebesar Rp1 juta per karya," jelas Josua.

Nantinya video-video yang masuk akan dikurasi pada 16 hingga 17 Mei 2020. Karya peserta yang dinyatakan lolos dan sebagai nominator akan diunggah di instagram Pentas di Rumah dan Nyatakan.id agar dapat dinikmati oleh penikmat seni di rumahnya masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona seniman
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top