Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenlu: Lebih dari 95.000 WNI Telah Kembali ke Tanah Air

Kemenlu mencatat WNI yang kembali ke Indonesia sebagian besar berasal dari Malaysia dan ABK.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  17:11 WIB
Kemenlu: Lebih dari 95.000 WNI Telah Kembali ke Tanah Air
Petugas perlindungan tenaga kerja (kanan) mendampingi sejumlah pekerja migran yang dideportasi dari Malaysia di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Sabtu (7/3/2020). Otoritas imigrasi Malaysia mendeportasi 30 pekerja migran Indonesia yang sudah menyelesaikan masa hukumannya dan ditahan di kamp orang asing Machap Umboo Melaka, kembali ke tanah air lewat Pelabuhan Dumai. ANTARA FOTO - Aswaddy Hamid

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri mencatat terdapat lebih dari 95.000 WNI dari luar negeri yang pulang ke Tanah Air. Kebanyakan berasal dari Malaysia dan kalangan anak buah kapal (ABK).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan hingga Rabu 13 Mei 2020, terdapat 95.102 WNI sudah kembali ke rumahnya.

Khusus dari Malaysia, sepanjang 19 Maret - 13 Mei 2020, sebanyak 74.817 WNI telah kembali dari Malaysia yang terdiri dari 21 persen via darat, 64 persen via laut, dan 15 persen via perjalanan udara.

“Protokol kesehatan akan berlaku bagi seluruh WNI yang baru saja kembali seperti yang diatur oleh Kementerian Kesehatan. Pemerintah juga akan merilis buku protokol untuk karantina mandiri bagi WNI yang kembali ke Indonesia dari luar negeri,” kata Retno dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/5/2020).

Sementara itu, sebanyak 15.820 anak buah kapal (ABK) telah kembali dari 21 negara. Sejumlah ABK tersebut kembali ke Tanah Air melalui tiga pintu.

Dia menyebutkan lebih dari 41 persen via Bandara Ngurah Rai, 44 persen via Bandara Soekarno Hatta, 8 persen via Pelabuhan Tanjung Priok, dan hampir 6 persen via Pelabuhan Benoa.

Adapun, sebanyak 4.465 WNI telah melakukan repatriasi mandiri ke Indonesia. Mereka dari 28 negara, termasuk 15 WNI dari Singapura via Surabaya yang kembali Rabu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wni kemenlu abk Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top