Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google dan Kemdikbud Bagikan Kuota Internet Gratis untuk Guru

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan selama pandemi virus Corona, pemerintah dan pihak swasta berkolaborasi memberikan bantuan paket internet kepada guru.
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung./Bisnis-Dea Andriyawan
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung./Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Google dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren menyediakan paket data gratis selama 90 hari bagi 10.000 pengajar di seluruh Indonesia.M

Mengajar dari rumah sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan pengajar, namun biaya yang diperlukan untuk bisa online semakin lama bisa terasa berat. 

Paket data sebesar hingga 30 GB itu akan didistribusikan oleh REFO dan Guru Berbagi, platform yang berfokus untuk membagikan praktik-praktik terbaik untuk pembelajaran jarak jauh yang kini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
 
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Iwan Syahril mengatakan pembagian paket data kali ini merupakan perwujudan kolaborasi pemerintah dan swasta untuk mendukung guru.

"Semoga inisiatif ini dapat memotivasi guru untuk melakukan pembelajaran yang bermakna bagi murid selama masa belajar dari rumah," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima oleh Bisnis pada Rabu (13/5/2020).
 
Iwan menjelaskan untuk mendapatkan paket data gratis para pengajar dapat mendaftarkan diri di situs Guru Berbagi dengan mengirimkan esai reflektif maksimum 1.000 kata yang menguraikan pengalaman mereka mengajar dari rumah, dan bagaimana dampak yang dirasakan para murid mereka.

Kemudian Guru Berbagi akan menyeleksi para pemenangnya dan paket data gratisnya akan ditambahkan ke nomor telepon yang dipakai masing-masing pengajar asalkan mereka memakai nomor dari kelima penyedia itu. Paket datanya akan aktif selama 90 hari setelah didistribusikan.
 
“Google berterima kasih kepada para pengajar di seluruh Indonesia dan ikut bersimpati atas perjuangan mereka mengajar dari rumah,” kata Danny Ardianto, dari tim Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik di Google Indonesia.

Selain itu, Google Indonesia juga meluncurkan program seperti Mengajar Dari Rumah, menyediakan satu domain untuk mengakses G Suite for Education bagi 1,8 juta siswa di Jakarta, mengadakan serangkaian webinar bagi para pengajar, serta menyediakan secara gratis fitur konferensi video premium Google Meet, bagi semua orang hingga akhir September 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper